Ekonomi China 2018 Terburuk Sejak 1990, RI Perlu Waspada

Pekerja garmen Cina. - Getty Images
Sumber :
  • bbc

Cina mencatat laju perkonomian yang paling lambat sejak 1990 dan menimbulkan kekhawatiran atas dampaknya terhadap perekonomian global, termasuk Indonesia yang "perlu waspada", kata ekonom.

Perekonomian Cina tumbuh pada tingkat lamban sejak 1990 dan tercatat pada 6,6% pada 2018, menurut data yang dikeluarkan pada Senin (21/01).

Dalam tiga bulan sampai Desember 2018, perekonomian Cina tumbuh 6,4?ri tahun sebelumnya dan turun dari 6,5% pada kuartal sebelumnya.

Data ini sesuai dengan perkiraan namun menunjukkan keprihatinan terkait melemahnya pertumbuhan perekonomian Cina.

Melambatnya perekomomian Cina menimbulkan kekhawatiran atas efek domino terhadap perekonomian global.

Perang dagang dengan Amerika Serikat juga telah menambah suramnya perkiraan ekonomi dunia.

Data yang diterbitkan ini menunjukkan angka per kuartal terlemah sejak krisis perekonomian global.

Perlambatan ekonomi Cina ini telah diperkirakan dalam beberapa tahun terakhir ini dan dunia perlu khawatir, kata wartawan bisnis BBC, Karishma Vaswani.

Melemahnya pertumbuhan Cina berarti melambatnya ekonomi dunia.


- BBC

Perekonomian Cina terdiri dari sepertiga pertumbuhuan ekonomi global. Dan ini berarti negara penghasil komoditas seperti Indonesia tergantung pada Cina untuk membeli, kata Kharisma.

Hal senada juga diungkapkan Josua Pardede, ekonom dari Bank Permata yang menyatakan melemahnya perekonomian Cina "perlu diantisipasi dan diwaspadai".

"Cina adalah ekonomi terbesar kedua di dunia dan mitra dagang terbesar (Indonesia). Mau tak mau perlambatan akan berdampak cukup negatif," kata Josua.

"Perlambatan ekonomi Cina akan berdampak langsung pada kinerja ekspor, kalau ekspor memburuk, andil dari ekspor pada pertumbuhan juga jadi berkurang, sehingga pertumbuhan ekonomi kita juga jadi cukup berdampak," tambahnya.

Ekspor Indonesia ke Cina - 15?ri total ekspor - sebagian besar adalah batu bara, namun jumlahnya semakin berkurang karena Cina mensyaratkan batu bara yang lebih ramah lingkungan, kata Josua.

Penjualan Apple melemah


Pekerja garmen Cina. - Getty Images

Perusahaan-perusahaan sudah mulai mengeluh dampaknya. Bulan Januari 2019 Cina ini, Apple sudah memperingatkan lemahnya penjualan di Cina.

Perusahaan mobil dan perusahaan-perusahaan lain juga telah mengangkat keprihatinan dampak perang dagang dengan Amerika Serikat.

Pemerintah Cina telah menekankan perubahan dari pertumbuhan berdasarkan ekspor ke ketergantungan pada konsumsi domestik.

Pembuat kebijakan di Cina juga telah meningkatkan upaya dalam beberapa bulan terakhir ini untuk mendukung perekonomian.

Langkah untuk meningkatkan permintaan termasuk mempercepat proyek konstruksi, memotong sejumlah pajak dan mengurangi cadangan yang perlu disimpan di bank-bank.

Ekonom dari Capital Economics China Julian Evans-Pritchard mengatakan perekonomian Cina tetap melemah pada akhir 2018 "namun tetap bertahan, lebih baik dari yang dikhawatirkan".

"Perekonomian Cina diperkirakan akan terus melemah sebelum pertumbuhan menjadi stabil pada pertengahan tahun," kata Evans-Pritchard.