Intip 10 Perusahaan yang Diinvestasikan Orang Terkaya di Dunia

Ini Daftar 10 Perusahaan yang Diinvestasikan Jeff Bezos. (FOTO: Reuters/Joshua Roberts)
Sumber :
  • wartaekonomi

Orang terkaya di dunia, Jeff Bezos, melakukan berbagai macam investasi melalui Amazon, yakni Bezos Expeditions. Selain itu, pendiri Amazon tersebut juga melakukan investasi melalui perusahaan modal ventura, yakni Nash Holdings LLC.

Bukan hanya itu, Bezos juga melakukan investasi melalui perusahaan swasta yang dimilikinya; Yayasan Keluarga Bezos; dan kekayaan pribadinya sendiri. Pria itu sangat kaya, kekayaan bersihnya melampaui produk domestic bruto banyak negara. Investasinya juga untuk menyelamatkan dunia.

Bezos Expeditions telah berinvestasi di perusahaan bioteknologi yang berupaya menyembuhkan kanker, perusahaan teknologi pertanian yang bertujuan untuk mengatasi kelaparan dunia, dan untuk lebih lengkapnya, ini 10 perusahaan yang Bezos investasikan seperti dilansir dari Entrepreneur (16/5/2019):

EverFi

Pada April 2017, Bezos menginvestasikan US$190 juta dari arus kas pribadinya selama putaran pendanaan Seri D untuk EverFi. Perusahaan teknologi pendidikan berfokus pada pendidikan keuangan, pembelajaran sosial dan emosional, dan STEM dan kesiapan karier, di antara penawaran lainnya.

Menurut situs web EverFi, perusahaan ini “memenuhi kebutuhan akan pendidikan yang skalabel di dunia yang terus berubah.”

General Assembly

Kembali pada tahun 2011, investasi Bezos termasuk sekitar US$4,5 juta untuk General Assembly (GA), kembali ketika perusahaan hanya ruang kerja bersama. Sejak itu, GA telah tumbuh menjadi kampus global yang “menumbuhkan komunitas profesional elit individu dan perusahaan melalui pendidikan dan koneksi karier strategis,” menurut situs webnya.

Mereka menawarkan kursus online dan langsung di salah satu dari 20 lokasi global mereka. Kursus penuh waktu dan paruh waktu GA membantu memajukan karier orang-orang yang ingin bekerja di bidang teknologi dan desain yang sangat diminati.

MakerBot

Miliarder ini menginvestasikan US$10 juta ke perusahaan percetakan 3D MakerBot pada tahun 2011. MakerBot adalah salah satu perusahaan pertama yang memperkenalkan percetakan 3D kepada publik dengan cara yang dapat diakses oleh konsumen mana pun. MakerBot sejak itu telah diakuisisi oleh Stratasys, sebuah perusahaan yang telah memelopori teknologi cetak 3D selama 30 tahun.

Nextdoor

Selama pendanaan Seri B pada 2013, Bezos Expeditions mengikuti investor super David Sze dengan investasi di aplikasi media sosial swasta Nextdoor. Aplikasi gratis dan khusus undangan ini digunakan untuk terhubung dengan orang-orang yang tinggal di komunitas Anda tentang keamanan lingkungan, lowongan pekerjaan, hewan peliharaan yang hilang, dan politik lokal. Nextdoor saat ini sedang dalam tahap pendanaan Seri E dan sejauh ini telah mengumpulkan lebih dari US$285 juta.

Plenty

Pada bulan Juli 2017, Bezos Expeditions melakukan investasi di masa depan makanan. Plenty adalah perusahaan teknologi pertanian yang mengembangkan ilmu tanaman untuk tanaman untuk berkembang di lingkungan bebas pestisida dan transgenik.

Perusahaan ag-tech menerima investasi US$200 juta dari Bezos Expeditions selama pendanaan Seri B mereka. Saat ini, Plenty telah mengumpulkan total US$226 juta dalam pendanaan. Anda mungkin telah melihat pertanian vertikal mereka yang menanam sayuran di dalam ruangan, hanya menggunakan 1 persen air yang digunakan dalam pertanian tradisional dan menghasilkan hasil panen hingga 350 kali lebih besar daripada metode tradisional.

Airbnb

Pasar akomodasi yang sangat populer menyediakan akses ke 5 juta lebih tempat unik untuk tinggal di lebih dari 81.000 kota dan 191 negara, dan menerima investasi Bezos sebesar US$112 juta, menurut laporan Visual Capitalist.

Airbnb telah mengumpulkan US$4,4 miliar dalam pendanaan dan sekarang memiliki sekitar 4.000 karyawan. Dengan semua kesuksesan perusahaan, Airbnb telah IPO untuk tahun 2019. Perusahaan saat ini bernilai $35 miliar dan berencana untuk memperluas layanan "Perjalanan Trips" mereka, yang akan menawarkan kepada para pelancong serangkaian perjalanan dan petualangan.

Fundbox

Perusahaan fintech ini membantu orang mengembangkan bisnis kecil mereka dengan membuat akses ke kredit sederhana, aman, cepat dan transparan. Pada 2015, Fundbox diberi US$50 juta oleh Bezos Expeditions dan Spark Capital Growth dalam putaran pendanaan Seri C. Saat ini, perusahaan telah mengumpulkan US$107,5 juta dalam pendanaan dalam empat putaran.

Lookout

Perusahaan keamanan siber ini mendapatkan investasi US$150 juta dari Bezos Expeditions pada tahun 2014. Lookout telah mengumpulkan total US$282,3 juta selama delapan putaran pendanaan. Perusahaan cybersecurity menyediakan layanannya untuk organisasi besar maupun memberikan keamanan kepada individu di ponsel pribadi mereka.

Uber

Uber, yang baru-baru ini go public, memiliki kapitalisasi pasar sekitar US$65 miliar. Perusahaan telah melihat investasi dari orang-orang seperti Toyota, Soft Bank dan Morgan Stanley. Kembali pada tahun 2011, Bezos menginvestasikan US$37 juta dalam putaran pendanaan Seri B Uber.

Domo

Pada 2013, Bezos menginvestasikan US$60 juta di Domo, sebuah perusahaan yang menghubungkan CEO dengan karyawan garis depan mereka dengan akses ke data dan wawasan real-time dan memungkinkan mereka untuk mengelola bisnis dari smartphone mereka. Anda dapat membeli saham di Domo dengan harga sekitar US$35 per saham; penilaian perusahaan turun di bawah nilainya yang diperkirakan US$2,3 miliar menjadi US$511 juta sebelum IPO.