Anindya Bakrie: Di Masa Sulit Kemampuan Beradaptasi Jadi Penting

Sumber :

VIVA – Banyak perusahaan di berbagai belahan dunia, termasuk di Indonesia, terdampak wabah virus corona. Kinerja keuangan berbagai perusahaan jatuh akibat tidak ada pendapatan yang disebabkan kebijakan Pendapatan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah penyebaran pandemi.

CEO & Presiden Direktur PT Bakrie & Brothers, Anindya Bakrie, menyatakan bahwa kondisi itu juga terjadi di perusahaan keluarga yang dimilikinya. Beberapa perusahaan anak, termasuk yang bergerak di bidang media, dia mengakui, terdampak Covid-19 karena memang kini adalah masa-masa sulit.

"Itu sangat sulit karena beberapa bisnis almost no revenues. Anda bisa bayangakan semua harus di rumah: bisnis hotel, enggak ada yang ke situ; bisnis transportasi, enggak boleh travel. Jadi, pertama Anda harus kontrol cost (biaya)," katanya saat berbincang secara virtual dengan Director of Centre for University-Industry Collaboration Universiti Utara Malaysia, Selasa, 9 Juni 2020.

Pengusaha nasional yang akrab di sapa Anin itu juga mengungkapkan, akibat kondisi perusahaan itu, kebijakan efisiensi tentu tidak dapat dihindari dan tentu akan berdampak terhadap para karyawan yang dimiliki. Meski begitu, dia memastikan kondisi itu menjadi ujian pemimpin perusahaan untuk menjaga sisi keuangan perusahaan dan sisi kemanusiaan dari karyawan.

"Itu akan menjadi agak sedikit sulit karena kehidupan masyarakat akan tersentuh di situ, leadership jadi tersentuh. Di situlah ujian pemimpin, bagaimana menyeimbangkan posisi cashflow dengan berbagai tekanan biaya cost dan beradaptasi dengan kondisi kehidupan maupun gaya hidup," katanya.

Namun begitu, Anin juga mengingatkan bahwa di tengah masa-masa sulit, pasti ada pembelajaran yang bisa diambil untuk bergerak maju. Karenanya, kemampuan beradaptasi menjadi penting untuk menghadapi masa-masa sulit sebagaimana yang disebabkan wabah Covid-19.

"Jadi, saya ingin menggarisbawahi: kemapuan untuk beradaptasi itu yang utama, di samping kemampuan untuk berinovasi. Di sisi lain, ini masa-masa yang sangat-sangat sulit tapi di sisi lain ketika Anda cukup beruntung untuk bisa tetap sehat, begitu juga perusahaan Anda maka kamu akan bisa tetap berjalan, bertahan dan bahkan bisa membantu yang lain," ujarnya.