IHSG Dibuka Menguat, Cek Rekomendasi Saham Pilihan Hari Ini

Pergerakan IHSG (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVAnews/M Ali Wafa

VIVA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia menghijau di level 5.326 pada pembukaan perdagangan Kamis 3 September 2020. Posisi itu menguat 14 poin atau 0,27 persen, dibanding penutupan perdagangan Rabu 2 September 2020 di level 5.311.

Meski demikian, analis Reliance Sekuritas, Lanjar Nafi, memprediksi IHSG bakal bergerak terbatas dan cenderung mengalami tekanan pada perdagangan hari ini.

"Setelah IHSG menguat tipis 1,29 poin pada perdagangan kemarin, dengan saham-saham sektor pertanian yang menahan pelemahan signifikan pada sektor industri dasar," kata Lanjar dalam keterangan tertulisnya, Kamis 3 September 2020.

Baca juga: Risiko di Balik Gurita Alumni Bank Mandiri di Jajaran Petinggi Himbara

Lanjar menjelaskan, penurunan penjualan semen menjadi katalis negatif sektor industri dasar yang dijadikan investor sebagai alasan untuk melakukan aksi profit taking.

Sedangkan, harga crude palm oil atau CPO yang kembali menguat dengan menguji level 2.800 ringgit per mton, juga menjadi faktor utama.

"Sehingga kami perkirakan secara teknikal IHSG berpotensi bergerak terbatas dan cenderung mengalami tekanan dengan support resistance 5.230-5.360," ujarnya.

Lanjar memberikan rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini. Antara lain adalah ADRO, AKRA, HMSP, GGRM, LSIP, TLKM.

Sementara secara teknikal, analis Binaartha Sekuritas, M. Nafan Aji menjelaskan, berdasarkan rasio fibonacci, support dan resistance berada pada level 5.172,37 maupun 5.380,54.

Berdasarkan indikator, MACD, Stochastic dan RSI menunjukkan sinyal positif. Di sisi lain, terlihat pola upward bar yang mengindikasikan adanya potensi penguatan lanjutan pada pergerakan IHSG.

"Sehingga IHSG berpeluang menuju ke resistance terdekat," ujarnya. (ren)