Pertamina Tuntas Bangun 243 Titik BBM Satu Harga pada 2020

Proses distribusi BBM satu harga
Sumber :
  • Pertamina

VIVA – PT Pertamina menuntaskan target program BBM Satu Harga sebanyak 243 titik hingga tahun 2020. Capaian ini disebut tepat dengan momentum hari ulang tahun (HUT) ke-63 Pertamina dan disebut sebagai kado untuk Indonesia.

Demikian diungkapkan Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman. Dia mengatakan, meski diterpa pandemi COVID-19, Pertamina terus bergerak menyelesaikan berbagai penugasan pemerintah untuk melayani kebutuhan energi nasional, salah satunya dengan menuntaskan target pembangunan lembaga penyalur BBM Satu Harga.

“Memang terdapat beberapa kendala dan keterbatasan dalam proses pembangunan. Namun Alhamdulillah, berkat kerja keras dan semangat Perwira Pertamina untuk melayani energi ke seluruh pelosok Tanah Air,” ujar Fajriyah dikutip dari siaran resmi, Kamis 10 Desember 2020.

Baca juga: PUPR: Realisasi Program Sejuta Rumah Baru 777 Ribu pada 2020

Sejak mendapat penugasan dari pemerintah untuk membangun lembaga distribusi di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil), periode 2017–2019, sebanyak 160 titik telah diselesaikan Pertamina.

Sementara itu, sepanjang 2020, Pertamina telah membangun dan mengoperasikan BBM Satu Harga di 83 titik. Jika dirincikan, ke-83 titik tersebut tersebar di Aceh (1 titik), Riau dan Kepulauan Riau (3 titik), Sumatera Utara (4 titik), Sumatera Selatan (3 titik), Lampung (3 titik), Bengkulu (1 titik), NTB (6 titik), NTT (7 titik), Kalimantan Barat (3 titik), Kalimantan Selatan (2 titik), Kalimantan Timur (1 titik), Kalimantan Utara (4 titik), Sulawesi Tengah (3 titik), Sulawesi Selatan (2 titik), Maluku, dan Maluku Utara (20 titik), Papua dan Papua Barat (20 titik). 

Fajriyah menambahkan, hingga 2024 sesuai roadmap, Pertamina menargetkan pembangunan BBM Satu Harga mencapai 500 titik. Hal ini merupakan wujud nyata dari komitmen Pertamina untuk membantu pemerintah dalam mewujudkan energi berkeadilan.