Cermati Prediksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini

Ilustrasi grafik pergerakan IHSG
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Bisnis – Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 2 poin atau 0,04 persen di level 6.858 pada pembukaan perdagangan Rabu, 25 Januari 2023.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Chisty Maryani, memprediksi bahwa IHSG bakal bergerak mixed pada perdagangan hari ini.

"Hari ini IHSG diprediksi bergerak mixed," kata Chisty dalam riset hariannya, Rabu, 25 Januari 2023.

Ilustrasi IHSG.

Photo :
  • VIVA/Muhamad Solihin

Dia menjelaskan beberapa indikator yang memengaruhi pergerakan IHSG hari ini. Di antaranya adalah Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa likuiditas ekonomi dalam negeri atau uang beredar dalam arti luas (M2) periode Desember 2022, tumbuh 8,3 persen secara year-on-year (yoy) sebesar Rp 8.525,5 triliun.

"Hal ini didorong oleh pertumbuhan uang beredar dalam arti sempit (M1), yang tumbuh 9,5 persen (yoy) dan uang kuasi sebesar 6,8 persen (yoy)," ujar Chisty.

Selain itu, lanjut Chisty, perkembangan M2 juga dipengaruhi oleh aktiva luar negeri bersih yang tumbuh 4,9 persen (yoy), serta penyaluran kredit yang tumbuh 11 persen (yoy) seiring dengan perkembangan kredit produktif maupun konsumtif.

"IHSG diprediksi bergerak mixed dalam level 6.819-6.921," ujarnya.

Selain itu, Dia juga memberikan sejumlah rekomendasi mengenai saham-saham yang dapat dicermati pada perdagangan hari ini, diantaranya yakni LPPF, EXCL, BRPT.