Ada 1,5 Juta Kartu E-Toll Gratis di Bank Nasional

Ilustrasi penggunaan e-toll
Sumber :
  • Polytron

VIVA – Perbankan nasional turut mendukung gerakan transaksi non tunai sejak Triwulan I 2017. Terdapat empat bank negara dan bank swasta yang berpartisipasi di antaranya BRI, BNI, Mandiri, dan BCA.

Berbicara mengenai ketersediaan kartu dan sarana top-up, Nandan Sandaya, perwakilan dari Himpunan Bank-Bank Milik Negara (Himbara) mengatakan, ada tiga periode ketersediaan kartu. 

Periode pertama, 15 Oktober 2017, harga kartu diskon 10 persen, setelah 16 Oktober disediakan sekitar 1,5 juta keping e-Toll gratis.

"Harga normal dikenakan setelah kartu gratis dan masa promosi habis. Waktunya akan ditambah 2 minggu setelah 1 November 2017," kata Nandan dalam Diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Galeri Nasional Indonesia, Jakarta, Senin, 30 Oktober 2017.

Untuk sarana top-up, pengguna e-Toll bisa melalukannya di kantor cabang atau ATM. Sedangkan Bank Mandiri sudah melayani top-up melalui mobile banking. Proses top-up juga tidak akan dikenakan biaya. Saat ini sudah tersedia sekitar 800an sarana top-up kartu elektronik termasuk di rest area.

"Top up di gardu tol masih bisa, namun tidak disarankan karena akan menambah antrean. Juga disediakan sarana top-up di rest area," kata dia.