PM Inggris Serukan Pengurangan Emisi Karbon

Sumber :

VIVAnews - Perdana Menteri Inggris Gordon Brown mendesak para pemimpin negara-negara Uni Eropa (UE) memangkas jumlah emisi karbon negara masing-masing sebesar 30 persen. Jumlah ini lebih tinggi daripada usulan UE pada pertemuan tingkat tinggi mengenai perubahan iklim di Kopenhagen Denmark.

Para perwakilan Eropa pada konferensi perubahan iklim menyatakan akan menyepakati target pengurangan emisi sebesar 30 persen. Namun komitmen itu berlaku apabila negara-negara polutan seperti Amerika Serikat (AS) dan China juga mengusulkan pemotongan emisi karbon secara radikal.

Brown mengajak negara-negara UE agar tetap melanjutkan upaya memerangi pemanasan global apapun keputusan yang disepakati dalam pertemuan itu. "Kita harus menyadarkan negara-negara di dunia agar melaksanakan apa yang mereka sepakati," kata Brown seperti dikutip dari laman berita Telegraph, Selasa 8 Desember 2009.

Brown melanjutkan, negara tidak cukup hanya menetapkan target tetapi juga harus melakukannya. "Saya menyarankan agar negara-negara Eropa memotong emisi karbon menjadi 30 persen," ujar Brown. Pemerintah Inggris telah menetapkan kebijakan menekan emisi karbon misalnya dengan pajak tinggi pada penggunaan jalan tol dan bahan bakar minyak.

Pertemuan para pemimpin negara mengenai perubahan iklim dimulai di Kopenhagen Denmark dengan tujuan melawan dan mencegah pemanasan global. Presiden KTT Kopenhagen Connie Hedegaard mengatakan seluruh dunia harus menetapkan target waktu pengurangan gas rumah kaca dan bantuan finansial kepada negara miskin melawan perubahan iklim.

"Sekarang saat yang tepat mewujudkan tujuan utama kita. Jika kita kehilangan kesempatan ini kita sulit memperoleh kesempatan lain," kata Hedegaard.