Ribuan Orang Ratapi Tewasnya Empat Warga Palestina oleh Tentara Israel

Pemakaman warga korban Palestina yang tewas di Gaza
Sumber :
  • Anadolu/Mustafa Hassona

VIVA – Ribuan orang Palestina berkumpul di jalur Gaza untuk meratapi dan menghadiri pemakaman empat orang Palestina yang tewas tatkala terjadi pawai protes di pagar perimeter Israel di jalur Gaza pada Sabtu, 30 Maret 2019 lalu.

Dikutip dari laman Aljazeera, pada Sabtu lalu lebih dari 10 ribu orang Palestina berkumpul di perimeter tersebut untuk memperingati setahun Great March atau pawai akbar sebagai protes atas pendudukan terhadap Gaza. Namun mereka kemudian harus berhadapan dengan tentara Israel, tembakan hingga penggunaan tank.

Dalam insiden tersebut, warga Palestina yang baru berusia 17 tahun bernama Tamer Abu el-Khair tertembak di bagian dada di wilayah Khan Younis di selatan Gaza. Dia kemudian meninggal dunia saat berada di rumah sakit.

Sementara korban lainnya adlah warga Palestina yang juga berusia 17 tahun yaitu Adham Amara dan Belal al-Najjar juga tewas. Sementara korban keempat adalah pria berusia 20 tahun bernama Mohames Jihad Saad yang tewas pada tengah malam sebelum hari demonstrasi.

Diketahui sejak 30 Maret 2019 lalu, warga Palestina di jalur yang dikuasai Hamas menuntut agar hak mereka atas tanah mereka dikembalikan. Mereka terusir sejak pendudukan Israel tahun 1948. Demonstran juga meminta agar blokade yang dilakukan Israel diakhiri.

Selain empat orang tewas, sedikitnya 207 orang mengalami luka-luka pada aksi protes Sabtu lalu sebagaimana disampaikan Kementerian Kesehatan Palestina.