Tokoh dan Selebriti Dunia Serukan Boikot Hotel Mewah Milik Brunei

George Clooney
Sumber :

VIVA –  Keputusan Brunei Darussalam untuk memberlakukan hukum rajam bagi kelompok LGBT menuai boikot. Sejumlah selebriti dunia, melalui akun media sosial mereka menyerukan agar memboikot sejumlah hotel mewah yang dimiliki oleh Sultan Brunei.

Sembilan hotel yang diserukan untuk diboikot oleh para selebriti itu adalah jajaran hotel mewah di dunia. Hotel tersebut antara lain Hotel Bel-Air (Los Angeles, USA), Hotel Beverly Hills (Beverly Hills, USA), Hotel Dorchester (London, Inggris), 45 Park Lane (London, Inggris), Coworth Park (Ascott, Inggris), Le Meurice (Paris, Prancis), Hotel Plaza Atheene (Paris, Prancis), Hotel Eden (Roma, Italia), dan Hotel Principe di Savoia (Milan, Italia).

Salah satu selebritis yang menyerukan boikot adalah George Clooney. Aktor yang juga pekerja kemanusiaan dan peraih berbagai penghargaan itu mengakui, hotel-hotel tersebut adalah hotel tempat ia biasa makan siang atau bertemu dengan berbagai orang. "Menyerukan boikot pada hotel-hotel tersebut mungkin tak akan mempermalukan Brunei, tapi dengan itu Anda bisa mempermalukan bank, institusi finansial, atau institusi lain yang melakukan bisnis dengan hotel-hotel tersebut. Jadi, mereka akan berpikir untuk melihat cara yang lain," ujarnya seperti dikutip dari New York Times, Rabu, 3 April 2019.

Selebriti lainnya, Ellen DeGeneres menyerukan hal yang sama. Melalui cuitan yang diunggah pada hari Selasa, 2 April 2019, ia meminta kepada seluruh followernya untuk bantu menyebarkan dan membangkitkan kesadaran. Hingga Rabu siang, 3 April 2019, statusnya sudah disebarkan oleh lebih dari 70.000 pengikutnya.

Legenda tenis, Billie Jean King juga menyerukan hal yang sama. "Kekejaman telah dimulai di #Brunei," begitu tulisnya. Di Inggris, musisi terkenal Elton John. Di akun Twitternya, Elton menuliskan simpatinya untuk karyawan hotel mewah milik Brunei, yang ia tahu banyak diantara karyawan tersebut adalah gay. "Kita harus mengirimkan pesan, dengan cara apa saja dan bagaimana saja, bahwa perlakuan itu sangat tak bisa diterima. Itu sebabnya saya dan David selalu menolak menginap di hotel-hotel tersebut. Dan itu akan kami teruskan. Kami berharap Anda bergabung dengan solidaritas ini," tulis Elton.

Brunei Darussalam memutuskan untuk memberlakukan hukum rajam (dilempari batu hingga tewas) pada kaum LGBT dan mereka yang berzina.

"Saya ingin melihat ajaran Islam di negara ini tumbuh semakin kuat," demikian disampaikan Sultan Brunei dalam pernyataannya, Rabu, 3 April 2019. (mus)