Pengadilan Tinggi Dominika Batalkan Larangan Hubungan Sesama Jenis

Ilustrasi LGBT
Sumber :
  • Pixabay

Dominika – Pengadilan Tinggi Dominika telah membatalkan larangan hubungan sesama jenis atas dasar suka sama suka di negara kepulauan Karibia tersebut.

Irak Sahkan UU Anti LGBT, Melanggar Bisa Dipenjara 15 Tahun

Dilansir dari BBC, Rabu, 24 April 2024, Pengadilan memutuskan bahwa bagian dari undang-undang yang mengkriminalisasi aktivitas sesama jenis bertentangan dengan konstitusi negara tersebut.

Seorang pria gay yang tinggal di Dominika yang mengajukan kasus ini mengatakan bahwa undang-undang tersebut melanggar hak-hak konstitusionalnya. Para aktivis LGBTQ menyambut baik keputusan tersebut, dan memuji keputusan tersebut sebagai "tonggak penting dalam perjuangan yang sedang berlangsung untuk hak-hak LGBTQ di Karibia".

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

bendera LGBTQ

Photo :
  • WION

Pengadilan memutuskan bahwa pasal 14 dan 16 Undang-Undang Pelanggaran Seksual, yang mengkriminalisasi aktivitas seksual sesama jenis atas dasar suka sama suka di antara orang dewasa, tidak konstitusional.

Peran Presiden Salurkan Bansos, Lembaga Kepresidenan Masuk Kajian Revisi UU Pemilu

Menulis dalam putusan tersebut, Hakim Kimberly Cenac-Phulgence mengatakan bahwa pengadilan menemukan bahwa pasal-pasal tersebut melanggar hak atas kebebasan, kebebasan berekspresi, dan perlindungan privasi pribadi, seperti yang tercantum dalam konstitusi negara tersebut.

Penggugat anonim, seorang pria gay yang terbuka, menyatakan bahwa undang-undang tersebut telah mengutuknya "hidup dalam ketakutan terus-menerus akan sanksi pidana karena terlibat dalam aktivitas seksual suka sama suka" dan lebih lanjut menyatakan bahwa undang-undang tersebut menghasut "tindakan penuh kebencian dan kekerasan terhadapnya dan orang-orang LGBT lainnya" yang menurutnya mencegahnya "untuk hidup dan mengekspresikan dirinya secara bebas dan bermartabat".

Menanggapi keputusan tersebut, Daryl Phillip, pendiri lembaga amal Minority Rights Dominica (MiRiDom), mengatakan:

"Keputusan ini menempatkan Dominika pada jalur yang menjanjikan untuk memulihkan martabat masyarakat dan melindungi hak-hak kelompok LGBTQ atas privasi, kesehatan, dan kebebasan dari penyiksaan dan perlakuan buruk, yang sejalan dengan kewajiban hak asasi manusia internasional."

Namun, ia menambahkan bahwa keputusan tersebut bukan berarti "homofobia akan berhenti besok". "Ini adalah sebuah proses," kata Phillip.

Outright International, sebuah LSM hak asasi manusia LGBTQ, mengatakan: "Dekriminalisasi membantu menciptakan lingkungan di mana individu LGBTQ dapat hidup secara terbuka tanpa takut akan penganiayaan, memungkinkan mereka untuk mengakses perawatan kesehatan, pendidikan, dan pekerjaan tanpa menghadapi diskriminasi."

"Pencabutan undang-undang yang diskriminatif ini merupakan bukti upaya tak kenal lelah dari para aktivis, advokat, dan sekutu yang telah lama memperjuangkan keadilan dan kesetaraan. Ini adalah kemenangan bagi hak asasi manusia dan tonggak penting dalam perjuangan yang sedang berlangsung untuk hak-hak LGBTQ di Karibia," kata direktur eksekutif Outright, Maria Sjödin.

Ilustrasi Pelaku LGBT

Photo :
  • vstory

Hukum yang mengkriminalisasi aktivitas seksual antara orang dengan jenis kelamin yang sama di negara-negara Karibia yang berbahasa Inggris pertama kali diberlakukan oleh Inggris di bawah pemerintahan mereka pada tahun 1800-an, menurut sebuah laporan oleh Outright.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah negara Karibia Anglophone telah mencabut undang-undang tersebut, termasuk Antigua dan Barbuda, Barbados. Belize, Saint Kitts dan Nevis, dan Trinidad dan Tobago. Sebuah kasus juga sedang menunggu keputusan di St Lucia. Lima negara Karibia lainnya - Guyana, Grenada, Jamaika, dan St Vincent dan Grenadines - masih mengkriminalisasi hubungan sesama jenis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya