Kepala Hak Asasi Manusia PBB Kutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

Serangan di Gaza Palestina
Sumber :
  • istimewa

Palestina – Kepala hak asasi manusia PBB pada hari Selasa 24 April 2024 mengecam serangkaian serangan terbaru Israel di Gaza yang menewaskan sebagian besar perempuan dan anak-anak.

United Nations Says Gaza Reconstruction Can Reach Cost IDR 643 Trillion

Dilansir dari Anadolu Ajansi pada Rabu 24 April 2024, pernyataan Volker Turk muncul setelah setidaknya sembilan anak di antara 16 warga Palestina tewas pada hari Minggu 21 April 2024 dalam pemboman Israel yang menargetkan beberapa rumah di timur Rafah di Jalur Gaza selatan.

Kepala Hak Asasi Manusia PBB Mengutuk Serangan Terbaru Israel ke Gaza

Photo :
  • Anadolu Ajansi
Cari Perkara, Israel Kembali Bom Markas Badan PBB

“Gambar terbaru dari bayi prematur yang diambil dari rahim ibunya yang sedang sekarat, dari dua rumah yang bersebelahan di mana 15 anak dan lima wanita terbunuh, ini di luar peperangan,” kata juru bicara OHCHR Ravina Shamdasani pada pengarahan PBB di Jenewa, membacakan laporan Turk's pernyataan tentang masalah tersebut.

Turki menegaskan kembali bahwa operasi semacam itu di Rafah akan menyebabkan pelanggaran lebih lanjut terhadap hukum humaniter internasional dan hukum hak asasi manusia internasional.

Menlu Retno: OKI Berutang Kemerdekaan Pada Rakyat Palestina

Dia juga mengatakan bahwa dia merasa takut dengan hancurnya Rumah Sakit Nasser dan Rumah Sakit Al Shifa dan laporan penemuan kuburan massal di dalam dan sekitar lokasi tersebut, dan menyerukan penyelidikan yang independen, efektif dan transparan atas kematian tersebut.

Setidaknya 283 jenazah telah ditemukan sejauh ini dari kuburan massal di Kompleks Medis Nasser saat tentara Israel mundur dari kota itu pada 7 April setelah serangan darat selama empat bulan, menurut badan pertahanan sipil Gaza.

Mengenai pelanggaran hak asasi manusia yang berat yang terus berlanjut di Tepi Barat yang diduduki, Turk mengatakan bahwa meskipun ada kecaman internasional atas serangan besar-besaran pemukim pada 12-14 April yang difasilitasi oleh Pasukan Keamanan Israel (ISF), kekerasan pemukim terus berlanjut dengan dukungan, perlindungan, dan partisipasi ISF.

Ketika ditanya mengenai laporan bahwa Israel akan memperluas apa yang disebut “zona kemanusiaan” di Gaza menjelang serangan darat di Rafah, Shamdasani menekankan bahwa tidak ada tempat yang aman di Gaza dan segala anggapan bahwa menciptakan zona aman sebenarnya berbahaya.

“Apa yang kita butuhkan adalah gencatan senjata segera,” tegasnya.

Sementara itu, Israel telah melancarkan serangan brutal di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas oleh kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober tahun lalu, yang menurut Tel Aviv menewaskan hampir 1.200 orang.

Setidaknya 34.151 warga Palestina telah terbunuh, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan 77.000 lainnya terluka akibat kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Penderitaan rakyat Gaza

Photo :
  • istimewa

Perang Israel telah menyebabkan 85% penduduk Gaza mengungsi di tengah kekurangan makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60% infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada bulan Januari memerintahkan Tel Aviv untuk menghentikan tindakan genosida dan mengambil tindakan untuk menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya