Daftar Tokoh Terkena Corona, Negarawan, Atlet Dunia dan Bintang Film

BBC Indonesia
Sumber :
  • bbc
Getty Images
Daniele Rugani dalam sebuah sesi latihan bersama Juventus.

Wabah virus Corona kian merebak di luar China dan menginfeksi beberapa tokoh penting di berbagai negara, seperti sosok pesepakbola, kepala medis, serta wakil menteri kesehatan.

Berikut beberapa diantara mereka:

Bek Juventus, Danielle Rugani

Bek Juventus Daniele Rugani positif terkena virus Corona. Kepastian ini diumumkan oleh klub sepakbola asal Italia tersebut.

Meski sejauh ini Rugani, 25, "tidak menunjukkan gejala-gejala" namun klub itu "mengaktifkan semua prosedur isolasi sesuai dengan aturan hukum yang berlaku" termasuk dengan mereka yang terlibat kontak dengan Rugani.

Semua kegiatan olahraga di Italia ditangguhkan hingga 3 April, menyusul kebijakan pemerintah untuk mengisolasi negara itu ditengah merebaknya virus Corona.

Rugani hanya bermain sebanyak 7 pertandingan pada musim ini dan hanya sebagai pemain pengganti yang tidak dimainkan pada pertandingan terakhir yg dimenangi Juventus 2-0 melawan Inter Milan yg digelar tanpa penonton pada hari Minggu (8/3).

Klub sepakbola Inter yang sedianya akan melawan Getafe dalam Liga Eropa pada hari Kamis juga ditunda, mereka mengatakan "semua kegiatan pertandingan ditunda hingga pemberitahuan lebih lanjut" menyusul diumumkannya hasil tes Rugani.

"Klub mengambil langkah-langkah untuk mempersiapkan semua prosedur yang diperlukan." tambah klub tersebut dalam pernyataan resminya.

Rugani telah memenangkan empat gelar Serie A bersama Juve dan bermain untuk Italia sebanyak tujuh kali, yang terakhir ditampilkan untuk tim nasional pada tahun 2018.

Pada hari Minggu ia mengunggah foto dari ruang ganti saat ia merayakan kemenangan Juve atas Inter dengan rekan satu timnya.

Kepala medis di Italia meninggal setelah terjangkit virus, Roberto Stella

Kepala asosiasi medis di provinsi Varese Italia utara, Roberto Stella, 67, meninggal setelah mengalami gagal pernafasan akibat terjangkit virus Corona.

Ia mengobati orang-orang di sebuah klinik di Busto Arsizio, barat laut Milan, dan berbagai laporan di Italia menyebut ia dan seorang rekannya terinfeksi virus pada akhir pekan.

Varese berada di wilayah Lombardy, yang menjadi pusat wabah virus corona di Italia.

Wakil Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries

Wakil Menteri Kesehatan Inggris, Nadine Dorries mengaku dirinya positif terjangkit virus corona.

Belum diketahui siapa orang yang menularkan virus tersebut ke Dorries.

BBC
Nadine Dorries

"Kesehatan Publik Inggris telah mulai pelacakan kontak secara rinci, dan departemen tersebut dan kantor saya mengikuti arahan mereka," ujar Dorries.

Dorries, yang juga menjabat sebagai anggota parlemen Inggris dari Partai Konservatif, mengatakan dirinya telah mengambil semua langkah anjuran setelah mengetahui fakta tersebut dan sejak saat itu mengisolasi diri di rumah.

Wakil Menteri Kesehatan Iran, Iraj Harir-chi

Wakil menteri kesehatan Iran terinfeksi virus Corona, di tengah tekanan terhadap pemerintah terkait dengan penanganan wabah yang telah menewaskan lebih dari 15 orang di negara itu.

Iran adalah salah satu negara dengan peningkatan jumlah kasus yang pesat di luar China, yang kemudian menimbulkan kekhawatiran akan pandemi global.

Dalam jumpa pers Senin (26/02), Wakil menteri kesehatan Iran Iraj Harir-chi membela langkah yang ditempuh pemerintah.

Pada saat yang sama, dia tampak berkeringat dan berkali-kali menyeka keningnya.

"Saya mengalami demam semalam dan tes pendahuluan hasilnya saya positif," kata Harirchi dalam sebuah video yang dirilis pada hari Selasa (26/02).

"Saya sudah mengisolasi diri di suatu tempat sejak ... dan sekarang saya mulai minum obat.

"Kami pasti akan menang melawan virus ini dalam beberapa minggu ke depan," tambahnya

Tes positif Harirchi untuk Covid-19 diumumkan sehari setelah dia ikut serta dalam konferensi pers, di mana dia sesekali batuk dan tampak berkeringat.

Wakil Presiden Iran, Masoumeh Ebtekar

Wakil Presiden Iran Masoumeh Ebtekar ternyata positif terinfeksi wabah virus corona ketika didiagnosis terkait penyakit tersebut ketika wabah menyebar.

Ia didiagnosis terpapar virus corona, lapor media pemerintah, ketika Iran berjuang untuk menghentikan penyebaran penyakit tersebut.

Wakil presiden untuk urusan perempuan dan keluarga lebih dikenal secara internasional sebagai juru bicara berbahasa Inggris untuk para penyandera yang merebut kedutaan AS di Teheran pada tahun 1979.

Aktor Tom Hanks dan istrinya, aktris Rita Wilson

Aktor Tom Hanks dan istrinya, aktris Rita Wilson, positif terjangkit virus Corona baru di Australia.

Kepastian itu didapatkan pasutri berusia 63 tahun tersebut setelah keduanya mengalami gejala demam di Queensland.

"Kami merasa sedikit letih, seperti kalau kami demam, dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Rita mengalami demam yang muncul dan hilang," tulis Tom Hanks pada akun Instagramnya.

EPA
Tom Hanks dan Rita Wilson

"Agar sesuai [prosedur yang] benar, sebagaimana yang diperlukan di dunia saat ini, kami diuji virus Corona dan kami terbukti positif".

Dia menambahkan, dirinya akan "mengabari" dunia tentang kesehatan dia dan istrinya.

"Kami, keluarga Hanks, akan diuji, dipantau, dan diisolasi, sepanjang yang diperlukan aturan kesehatan dan keamanan publik."

Selama di Australia, Tom Hanks dan Rita Wilson berkunjung ke Gold Coast, tempat mereka mengerjakan film mengenai kehidupan Elvis Presley.

Virus Corona bisa dicegah. Bagaimana caranya? Lihat tipsnya dalam video di bawah ini: