Perang Lawan Virus Corona, China Janji Bakal Terbuka dan Transparan

Presiden China, Xi Jinping
Sumber :
  • Twitter/@ChinaPresiden

VIVA – Presiden China, Xi Jinping, mengatakan, pihkanya akan bertindak secara terbuka dan transparan dalam memerangi pandemi virus Corona. Selain itu, ia juga menegaskan, bahwa China siap bertanggung jawab untuk menerima segala konsekuensi.

Xi menyampaikan hal tersebut dalam pidato secara virtual di acara pembukaan Majelis Kesehatan Dunia (WHA) ke-73, pada Senin 18 Mei 2020.

"Di China, kami telah melakukan upaya yang menyakitkan dan pengorbanan besar. Kami telah mengubah pandangan terhadap virus dan berusaha melindungi serta memberikan kesehatan untuk orang-orang kami," kata Xi, seperti dikutip Xinhua, Senin 18 Mei 2020.

Baca Juga: PM Belgia Dapat Sambutan Tak Mengenakan dari Dokter dan Perawat

Lebih lanjut, Xi menambahkan, bahwa China akan memberikan segala informasi yang dibutuhkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) terkait COVID-19. Tidak hanya kepada WHO, China juga siap memberikan keterangan yang mereka miliki kepada negara-negara lain yang membutuhkan informasi mengenai asal-usul virus Corona.

"Kami telah memberikan informasi yang relevan kepada WHO dan negara-negara dengan cara yang paling tepat waktunya. Kami pun telah merilis urutan genom secepat mungkin," ujar Xi.

"Kami sudah berbagi pengalaman tentang kontrol hingga perawatan ke seluruh dunia tanpa reservasi. Kami melakukan segala sesuatu dengan kekuatan kami untuk mendukung dan membantu negara-negara yang membutuhkannya," ucapnya.