Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kerusuhan dan Penjarahan di Chicago, WNI Aman

Selasa, 11 Agustus 2020 | 17:00 WIB
Foto :
  • Repro video.
Ilustrasi kerusuhan di Chicago AS.

VIVA – Konsulat Jenderal RI di Chicago, Amerika Serikat memastikan warga masyarakat Indonesia di wilayah itu dan sekitarnya dalam keadaan aman. Senin, 10 Agustus 2020, sekitar tengah malam waktu setempat telah terjadi kerusuhan dan penjarahan di tengah kota Chicago, Illinois.

Menurut informasi, ratusan orang melakukan aksi di wilayah 'Magnificent Mile' yakni sebuah kawasan kelas atas di tengah kota Chicago sepanjang kurang lebih 2 kilometer yang terdiri atas pertokoan, restoran, perhotelan, dan perkantoran.

"WNI di Chicago dan sekitarnya dalam keadaan aman dan diimbau melalui media sosial KJRI serta jalur komunikasi lainnya agar menghindari tempat-tempat terjadinya kerusuhan," tulis keterangan resmi KJRI Chicago kepada VIVA, Selasa 11 Agustus 2020.

Baca juga: Penyanyi Nigeria Divonis Hukuman Mati karena Menghujat Nabi Muhammad

Sejauh ini, sejumlah pertokoan di kawasan kerusuhan mengalami kerusakan dan penjarahan massa antara lain Apple Store, Best Buy, Nordstrom, dan Binny's. Aparat juga telah mengimbau kepada warga agar tidak mendekat ke tengah kota Chicago dan memantau imbauan yang dikeluarkan oleh aparat terkait.

Belum diketahui penyebab aksi massa. Namun, sehari sebelumnya, telah terjadi peristiwa tembak-menembak di kawasan Englewood antara aparat kepolisian dan seorang terduga pelaku kejahatan yang menyebabkan pelaku mengalami luka-luka.

Diberitakan media setempat, pelaku menembakkan senjatanya ketika akan diberhentikan petugas kepolisian yang tengah menindaklanjuti laporan tentang warga yang membawa senjata api di tempat umum. Warga yang marah akibat peristiwa tersebut, kemudian berkumpul dan sempat melakukan penyerangan kepada petugas kepolisian. (art)

Baca Juga
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler