32 WNI Memilih Tinggal di Ukraina Meski Negara Itu dalam Gempuran

Ukraina vs Rusia
Sumber :

VIVA – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengungkapkan bahwa masih ada 32 warga negara Indonesia (WNI) yang memilih tinggal di Ukraina meskipun perang tengah terjadi di sana.

Hal ini diungkapkan Retno dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 April 2022.

“Masih terdapat 32 WNI yang memilih tinggal di Ukraina,” kata Retno.

Retno lebih jauh menuturkan bahwa 23 orang WNI ini masih memilih tinggal di Ukraina karena alasan pribadi. Kemudian alasan lainnya adalah keluarga dan sisanya adalah sembilan staf KBRI di Ukraina.

“23 orang memilih tinggal dengan berbagai alasan pribadi termasuk alasan keluarga dan sisanya staf KBRI,” kata Retno.

Lebih lanjut Retno menyampaikan bahwa total WNI yang ada di Ukraina berjumlah 165 orang.

Sejauh ini sudah ada 133 orang dievakuasi untuk keluar dari Ukraina. Dengan rincian dari 133 orang yang dievakuasi keluar Ukraina ada 80 kembali ke Indonesia.

Setelah itu ada 5 orang yang dievakuasi ke Bukares Romania dan mereka kemudian memilih untuk tinggal di Rusia, Turki, Denmark dan Qatar.

“34 orang dipulangkan ke Indonesia melalui beberapa gelombang evakuasi lanjutan, 12 orang melakukan evakuasi mandiri ke berbagai negara dan 2 orang yang tidak melakukan lapor diri, tapi telah dikonfirmasi berada di Indonesia,” lanjutnya.