3 Ribu Orang Rusia Dievakuasi karena Adanya Temuan Bom

VIVA Militer: Pecahan artileri militer Ukraina pasca serangan di Belgorod, Rusia
Sumber :
  • rt.com

VIVA Dunia – Belum lama ini Rusia negara yang sedang menginvasi Ukraina geger setelah penemuan bom di wilayah bagian dimana pesawat rusia tak sengaja menjatuhkan peledak di kawasannya sendiri, tepatnya di Kota Belgorod. Akibatnya, sekitar 3 ribu warga dievakuasi.

Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov, mengatakan mereka mengevakuasi warga yang tinggal di sekitar kawasan di mana militer akan "menetralkan" bom tersebut pada Sabtu, 22 April 2023.

Ilustrasi bom.

Photo :
  • Pixabay.

"Markas operasional memutuskan untuk mengevakuasi 17 bangunan apartemen di radius 200 meter. Berdasarkan data awal, ada lebih dari 3.000 orang," ujar Gladkov, seperti dikutip dari CNN Internasional, Minggu, 23 April 2023.

Ia juga menyatakan, "Mereka yang membutuhkan bantuan akomodasi sementara, akan disediakan."

Beberapa saat setelah itu, Gladkov mengumumkan bahwa bom tersebut sudah dipindahkan dari lokasi awal. Para warga pun berangsur kembali di rumah.

Bom itu ditemukan dua hari setelah kru pesawat tempur Rusia tak sengaja menjatuhkan bahan peledak di kawasan Belgorod, yang berbatasan langsung dengan Ukraina.

Insiden pada Kamis itu meninggalkan kawah selebar 20 meter. Begitu besar ledakan tersebut, satu mobil sampai-sampai terpental ke atap bangunan, sementara gedung-gedung di sekitarnya juga rusak.

Media pemerintah Rusia menyebut peristiwa itu sebagai pelepasan artileri "tak disengaja" atau "darurat" dari jet tempur mereka.