Militer Inggris Mulai PHK Ribuan Personel

Personel Angkatan Laut Inggris
Sumber :
  • REUTERS/Dan Chung

VIVAnews - Lebih dari 1.000 personel Angkatan Laut Inggris harus bersiap mengalami pemutusan hubungan kerja. Mereka menjadi tahap pertama dari skema pemangkasan personel militer yang sudah dirancang pemerintah Inggris.

Menurut stasiun berita BBC, 30 September 2011, sebanyak 1.020 staf segera hengkang dari kesatuan AL. 810 Orang sudah mengajukan pensiun dini dan 670 diantara mereka telah disetujui.

AL Inggris berencana memangkas jumlah personel sebanyak 5.000 orang selama empat tahun. Maka pada 2015, jumlah personel hanya sebanyak 30.000 orang.

Secara keseluruhan, militer Inggris harus menerapkan PHK atau program pensiun dini kepada 22.000 orang. Ini untuk menghemat anggaran sebanyak 5 miliar pound sterling. Keuangan Inggris pun sedang bermasalah kendati tidak separah beberapa negara Eropa lain sehingga harus berhemat.  

Mantan panglima angkatan laut Inggris, Laksamana Lord West mengungkapkan kesedihannya kepada BBC. "Kami harus memangkas dan memangkas lagi jumlah personel selama bertahun-tahun. Ini bisa berbahaya kalau jumlahnya besar karena kita tidak bisa berbuat seperti selayaknya suatu negara," kata Lord West.  (umi)