Raja Thailand Masuk RS

Raja Thailand Bhumibol Adulyadej
Sumber :
  • REUTERS/Kerek Wongsa

VIVAnews - Raja Thailand Bhumibol Adulyadej yang telah berusia 86 tahun, dilaporkan masuk rumah sakit karena mengalami demam. Demikian dikutip dari laman The Star mengutip pernyataan Biro Rumah Tangga Kerajaan Thailand, Minggu, 5 Oktober.

Bhumibol disebut telah menjalani perawatan sejak Jumat, 3 Oktober. "Pada Jumat malam, raja mengalami demam dengan temperatur mencapai 38,2 derajat Celcius," demikian isi pernyataan resmi.

Laman Bangkok Post, Sabtu, 4 Oktober, menyebut kondisi raja telah membaik setelah menjalani perawatan akibat infeksi. Namun tidak dijelaskan lebih lanjut tentang penyakit yang diderita.

Pernyataan resmi Kerajaan Thailand menyebutkan bahwa dokter kerajaan memberi antibiotik intravena, sehingga tekanan darah dan suhu tubuh raja yang secara resmi bernama Raja Rama IX itu telah stabil.

Bhumibol belum lama dibolehkan pulang, September lalu, setelah enam pekan perawatan di Rumah Sakit Siriraj. Sementara pada 2009, raja Thailand itu dirawat hampir selama empat tahun karena masalah pernafasan.

Lahir pada 5 Desember 1927 di Amerika Serikat (AS), Bhumibol naik takhta di usia 18 tahun, pada 1946. Namun dia baru dimahkotai pada 1950, setelah menyelesaikan studinya di Swiss.

Walau raja tidak lagi memiliki peran politik di pemerintahan Thailand, namun rakyat Thailand tetap menghormati posisi raja sebagai figur pemersatu dan telah berulangkali menjadi penengah dalam kekacauan politik di negara itu.