Gantikan John Key, Bill English Jadi PM Selandia Baru

Bill English, Perdana Menteri Selandia Baru
Sumber :
  • reuters.com

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Selandia Baru, Bill English, telah dipastikan akan menjadi perdana menteri baru negara tersebut, seminggu setelah John Key secara mengejutkan mengumumkan pengunduran dirinya setelah delapan tahun menjabat.

English, sebagai satu-satunya kandidat untuk mengisi posisi perdana menteri, telah menunjuk Menteri Perumahan Sosial Paula Bennet sebagai Wakil PM, setelah melakukan pertemuan khusus Partai Nasional.

Untuk mengisi kekosongan posisi Menteri Keuangan, English menunjuk menteri kabinet senior Steven Joyce untuk menggantikanya. Diperkirakan, ia akan mengumumkan perubahan kabinet dalam beberapa minggu mendatang.

"Saya senang dan merasa terhormat dengan kesempatan ini," ujar English kepada wartawan, dilansir Reuters, Senin 12 Desember 2016.

English telah memegang beberapa jabatan strategis seperti menteri di bidang pendidikan, kesehatan dan keuangan, sejak bergabung di parlemen pada 1990.

Sebagai menteri keuangan, beberapa kebijakan utamanya antara lain memindahkan sebagian privatisasi beberapa perusahaan energi milik negara dan Air New Zealand, pemotongan pajak pribadi dan pajak perusahaan, serta meningkatkan pajak barang dan jasa.

(mus)