Ruang Isolasi RS‎ Dibobol Maling, Uang Pasien COVID-19 Raib

Maling curi pasien COVID-19 di RS Pirngadi, Medan.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Aksi pencurian terjadi di RSUD dr Pirngadi, Kota Medan, Sabtu 17 April 2021. Kali ini, pelaku nekat membobol  ruang isolasi dan membawa kabur uang sebesar Rp700 ribu milik pasien COVID-19, yang tersimpan di dalam tas. 

Video aksi maling berdurasi 20 detik itu viral di media sosial. Dalam video itu, terlihat seorang lelaki masuk ke ruang isolasi dengan menggunakan masker hitam, baju kaos lengan pendek. Pun, celana ponggol tanpa memakai alas kaki mengambil tas seorang pasien bernama Ilham yang sedang tertidur. 

Setelah berhasil mengambil tas pasien itu, kemudian lelaki tersebut keluar. Lalu, masuk kembali dalam ruang untuk mengembalikan tas milik Ilham. Pelaku hanya mengambil uang di dalam dompet korban yang disimpan di tas sebesar Rp700 ribu.

Peristiwa itu dibenarkan oleh Kassubag Hukum dan Humas RSUD dr Pirngadi Medan, Edison Peranginangin. Menurutnya, kasus pencurian ini ditindaklanjuti dengan proses hukum dan berkordinasi dengan polisi.

"Kami akan menindaklanjuti keluhan pasien tersebut. Kejadian ini akan saya sampaikan dulu kepada kepala ruangan agar lebih ditingkatkan pengawasan," sebut Edison.

Edison mengatakan pihak manajemen rumah sakit milik Pemerintah Kota (Pemkot) Medan akan melakukan evaluasi sistem pengamanan. Kemudian, pengamanan juga diperketat di setiap ruang rawat inap. "RS akan mengintruksikan satpam lebih meningkatkan pengamanan di lingkungan rumah sakit," kata Edison.

Sementara, korban Ilham menjelaskan mengetahui uangnya sudah tidak ada di dalam dompet saat persiapkan diri pulang ke rumah. Masa karantina selesai setelah dinyatakan negatif COVID-19.

"Ketika mau pulang dari isolasi di RS Pringadi, lagi mau persiapan packing barang-barang, tiba-tiba cek dompet uangnya sudah hilang. Kejadiannya packing barang hari Kamis siang, 24 April 2021," ujarnya. 

Namun, melihat barang-barangnya hilang, Ilham kemudian melaporkan kejadian itu ke pos penjagaan. "Ketika merasa hilang, saya langsung mendatangi pos penjagaan ruang perawat untuk melapor kehilangan. Setelah lapor langsung di cek CCTV," jelas Ilham.

Setelah di cek CCTV, ternyata terlihat jelas maling mencuri barang milik Ilham. "Tanggal kejadian kehilangan dilihat dari CCTV ternyata tanggal 17 April 2021. Waktunya sekitar pukul 03.43 WIB," tutur Ilham. 

Akibat kejadian itu, Ilham kehilangan uang Rp700 ribu. Namun, handphone dan laptop miliknya tidak diambil maling tersebut."Anehnya dari CCTV, malingnya malah mengembalikan tas yang dimalingnya. Semua ini sama tas nggak ada yang hilang termasuk dompet. Cuma uangnya saja yang diambil," lanjut Ilham.

Ilham mengaku bahwa pihak rumah sakit sudah mengimbau untuk waspada dan berhati-hati dengan segala barang bawaan di rumah sakit.

"Sebelumnya, perawat sudah menginfokan bahwa harap menjaga barang-barangnya. Karena kerap terjadi kemalingan barang-barang," kata Ilham.