Serah Terima Jabatan, Yuan Candra Djaisin Jadi Kepala BPK DKI Baru

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Kantor BPK, Jakarta.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Adinda Purnam Rachmani

VIVA – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan DKI Jakarta Syamsudin digantikan Yuan Candra Djaisin. Prosesi serah terima jabatan dilakukan di Kantor BPK Provinsi DKI Jakarta, Kamis, 30 Agustus 2018. 

Anggota V BPK RI Isma Yatun mengatakan, proses mutasi dan rotasi yang BPK lakukan tersebut merupakan sebuah proses alami bagi setiap organisasi. 

"Mutasi ini dilakukan tidak hanya didasarkan pada pertimbangan kebutuhan organisasi, tetapi juga diharapkan dapat menjadi penyegaran dan pendorong bagi para pejabat terkait," ujar Isma di Kantor BPK Provinsi DKI Jakarta, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Agustus 2018. 

Sementara Yuan berharap, hubungan BPK dengan Pemprov DKI akan membuahkan hasil yang menguntungkan bagi negara. "Kami yakin hubungan positif yang sudah dijalani oleh Pemprov dengan BPK terus berlanjut. Karena kita punya misi yang sama-sama mengelola keuangan negara, dan bisa menjadi sarana untuk tujuan negara," ujar Yuan.

Acara sertijab ini dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Menurut Anies, pergantian kepala BPK ini akan memberikan dampak positif bagi Pemerintah Provinsi DKI.

"Insya Allah dengan dengan di tempat baru ini akan memberikan kerja sama yang baik. Saya juga mengapresiasi karena semangat tingginya BPK kepada kami di Pemprov sehingga dapat mengatur keuangan dengan lebih baik," ujar Anies.

Anies juga berharap prestasi Pemprov DKI dan BPK akan semakin meningkat setelah BPK RI memberikan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) kepada Pemprov DKI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017.

Yuan sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan Provinsi Bengkulu. Sementara Syamsudin akan mengemban tugas sebagai staf ahli Bidang Keuangan Pemerintah Daerah. Sertijab kepala BPK tersebut dilakukan secara tertutup bagi awak media.