H-2 Lebaran, Jalanan Jakarta Mulai Lengang

Suasana Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, H-2 lebaran, Senin, 3 Juni 2019.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fikri Halim

VIVA – Memasuki H-2 hari raya Idul Fitri 1440 H, suasana jalan di Ibu Kota, Senin pagi, 3 Juni 2019, terpantau lancar. Tak ada kepadatan kendaraan yang biasanya terjadi setiap hari, khususnya di awal pekan. 

Di jalan protokol atau pun jalan biasa di pinggir kota tak ada kemacetan yang terjadi. Kendaraan bisa memacu kecepatan dengan stabil di 60 km per jam atau lebih. 

Pantauan VIVA, perjalanan dari wilayah Ciledug, Jakarta Selatan, hingga ke Jakarta Pusat tepatnya di kantor Kementerian Perhubungan di Jalan Abdul Muis, hanya butuh waktu sekitar 30 menit menggunakan sepeda motor. Biasanya di hari-hari biasa, perjalanan itu memakan waktu hingga satu jam bahkan lebih. 

Sementara itu, salah satu pengguna ojek online, Dylan Aprialdo (25) juga mengaku jalanan di Jakarta hari ini sangat lancar. Tak ada kepadatan seperti di hari-hari biasa. "Lancar banget, sepi," katanya kepada VIVA, Senin, 3 Juni 2019.

Dia mengatakan, berangkat dari Matraman, Jakarta Timur hingga ke Jakarta Pusat hanya butuh waktu kurang dari 20 menit. Biasanya, di hari-hari biasa membutuhkan waktu setengah jam atau lebih. "Biasanya lebih setengah jam," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keputusan Presiden Nomor 13 Tahun 2019 tentang cuti bersama Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun 2019. Cuti bersama untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah sebanyak tiga hari yakni tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019. (mus)