Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Rabu, 14 Agustus 2019 | 07:22 WIB

Herman Penipu CPNS Berhasil Raup Rp5,7 Miliar

Team VIVA »
Siti Ruqoyah
Foe Peace Simbolon
Foto :
  • VIVA / Foe Peace
Herman si penipu CPNS

VIVA – Seorang pria bernama Herman alias Herman Bima diciduk polisi setelah delapan tahun lamanya menipu para pegawai honorer dengan iming-iming bisa meloloskan mereka jadi calon pegawai negeri sipil (CPNS). Pria bertubuh tambun ini beraksi sejak Juni 2010 silam sampai yang terakhir Juni 2018.

Dari hasil menipu selama delapan tahun tersebut total dia sudah meraup uang sebanyak Rp5,7 miliar. Korbannya pun tak tanggung-tanggung, yakni ada 99 korban yang berasal dari berbagai pelosok Tanah Air semisal Jawa Timur, Jawa Tengah, NTB, Jawa Barat, dan Banten. 

Baca Juga

Sayangnya, polisi baru bisa menciduk pelaku ini sekira setahun kemudian setelah menindaklanjuti laporan terakhir yang dibuat salah satu korban pada Oktober 2018 lalu. Pelaku baru diciduk pada Senin 29 Juli 2019 lalu di sebuah kontrakan di Jalan Jatiraya nomor 27 Pulogadung, Jakarta Timur.

"Jadi dengan adanya laporan tersebut, Subdit Kamneg Ditreskrimum Polda Metro Jaya membentuk tim. Setelah melakukab penyelidikan dan penyidikan, tim menangkap tersangka," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono di Markas Polda Metro Jaya, Rabu, 14 Agustus 2019.

Argo mengatakan, korban diminta membayar uang sebesar Rp50 juta sampai Rp100 juta sebagai pelicin apabila mau diangkat jadi PNS.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Pesan Masker Lewat Media Sosial, yang Dikirim Batu Bata
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler