Hari Ini FPI dan Massanya akan Turun 'Kepung' Kedubes India

Ilustrasi Anggota Front Pembela Islam (FPI)
Sumber :
  • VIVA.co.id / Syaefullah

VIVA – Hari ini massa FPI akan berdemonstrasi di kantor Kedubes India di Jakarta. Surat pemberitahuan untuk berdemonstrasi sebelumnya sudah diterima Polda Metro Jaya. FPI dan sejumlah elemen ormas Islam akan "mengepung" pada Jumat, 6 Maret 2020. Aksi ini digawangi FPI, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Ulama (GNPF) dan Persaudaraan Alumni (PA) 212.

"Surat pemberitahuan sudah diterima," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Yusri Yunus saat dikonfirmasi wartawan, Kamis 5 Maret 2020 kemarin.

Polisi belum merinci soal berapa jumlah personel Kepolisian yang akan diturunkan untuk mengamankan jalannya aksi tersebut. 

"Sifatnya situasional (rencana rekyasa lalin)," kata dia lagi.

Sebelumnya, FPI, GNPF Ulama, dan PA 212 menyerukan rencana melakukan aksi unjuk rasa di depan Kedubes India. Aksi ini sebagai bentuk solidaritas terhadap umat Muslim yang mengalami kekerasan di India akibat memprotes UU Kewargaengaraan India yang dianggap anti-Muslim.

Aksi ini sebagai kecaman tindakan kekerasan dan presekusi yang dilakukan massa kelompok Hindu garis keras serta rezim penguasa India terhadap Muslim minoritas.

Dikonfirmasi terpisah, Ketua PA 212 Slamet Maarif mengatakan aksi pada Jumat besok tetap berjalan. Ia menekankan aksi protes ditujukan terhadap pemerintah India yang berbuat zalim kepada warga Muslim.