Kronologis Pengejaran Ferdian Pelaka di Tol Merak-Tangerang

Ferdian Paleka
Sumber :
  • YouTube

VIVA – Ferdian Pelaka, Youtuber yang membuat konten pembagian paket sembako yang ternyata berisi sampah di Bandung, berhasil diamankan di Tol Tangerang-Merak, Kamis, 7 Mei 2020 sekitar pukul 23.30 WIB.

Youtuber ini diamankan bersama tiga orang lainnya yang diduga habis melarikan diri dari wilayah Banten. 

Kanit PJR Bitung Ditgakkum Korlantas Polri, Ipda Giyarto mengatakan, bila pihaknya mendapat permintaan dari tim Reskrim Polda Jawa Barat, untuk membantu mengamankan Ferdian Pelaka, lantaran mobil yang ditumpanginya melintas di Tol Merak-Tangerang.

"Sekitar pukul 23.00 atau 23.30, Kamis malam, anggota Reskrimum Polda Jabar mendatangi PJR. Berkordinasi, meminta bantuan untuk melakukan pengejaran sekaligus penangkapan yang terduga Youtuber sembako sampah, atas nama Ferdian Pelaka," katanya saat dikonfirmasi, Jumat, 8 Mei 2020.

Kemudian, setelah berkordinasi, pihaknya bersama Reskrim Polda Jabar melihat mobil sedan berwarna hitam berplat nomor B 1246 VCD melintas. Kemudian dilakukan pengejaran dari arah KM 25, arah Merak menuju ke Jakarta.

Pengejaran juga dilakukan dengan menggunakan pengeras suara, memperingatkan berkali-kali, agar mobil yang ditumpangi Ferdian Pelaka tersebut menepi. Petugas terus memepet mobil sedan tersebut, sembari terus membunyikan sirene dan peringatan melalui pengeras suara.

"Diteriaki pakai toa, sebagai shock terapi juga, baru di KM 19 tepatnya sebelum exit tol Tangerang, mobil tersebut menepi," ujarnya.

Setelah mobil berhenti dan menepi, barulah tim yang dipimpin langsung oleh Wadirkrimum Polda Jabar, langsung mengamankan Ferdian. Dia tidak sendiri, di dalam mobil ternyata ada tiga orang pria yang turut dalam pelarian Ferdian.

"Dalam penangkapan tersebut tidak ada perlawanan. Lalu oleh petugas keempatnya dibawa ke Polsek Tangerang, wilayah hukum terdekat," ungkapnya.

Sementara, saat ini Ferdian Pelaka dan tiga pria lainnya sudah dibawa ke Polda Jabar yang berada di Bandung.

Baca juga: Viral, Video Detik-detik Penangkapan YouTuber Ferdian Paleka