Cegah Corona, Tiptop Batasi 100 Pembeli dan Belanja cuma 30 Menit

Sumber :

VIVA – Supermarket Tiptop di kawasan Pondok Bambu, Jakarta Timur, hanya membatasi 100 orang pembeli. Cara ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus corona Covid-19. 

Pantauan VIVAnews, Sabtu, 28 Maret 2020, pengunjung yang mau masuk lebih dulu disemprot cairan disinfektan. Troli belanja yang disediakan hanya 100 unit. Dengan pembatasan ini, warga harus antre panjang di luar supermarket. 

Meski pembatasan sosial disadari sangat penting untuk menghindari penyebaran corona. Namun, kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan bahan pokok tidak bisa ditahan. Apalagi, akhir pekan ini bersamaan dengan tanggal gajian.

Tidak hanya membatasi jumlah pembeli yang masuk, Tiptop melalui pengeras suara di dalam supermaket terus mengingatkan pengunjung agar jangan lebih dari 30 menit saat dalam. Pembatasan waktu ini untuk beri kesempatan kepada pembeli lain yang telah antre panjang. 

Pengunjung yang berbelanja di Tiptop. Eko Priliawito/VIVAnews

Salah seorang pembeli, Nawiyah mengaku tiba di Tiptop sejak pukul 09.00 wib. Namun, tempat belanja baru buka pukul 10.00 wib. Warga harus antre sebelumnya untuk mendapatkan troli belanja. 

Nawiyah mengaku tak semua kebutuhan pokok yang ingin dia beli tersedia. Produk pembersih terlihat sedikit stoknya. Selain itu, gula dan minyak juga sangat cepat habis dibeli. Setiap orang hanya dibatasi membeli dua bungkus kemasan 1 kilogram dan 1 liter. 

"Detol cair sama sabun Detol enggak ada. Gula sama minyak tidak bisa beli lebih dari dua. Kalau ada yang ambil lebih dari dua langsung dikurangi saat di kasir," kata Nawiyah yang berdomisili di Duren Sawit, Jakarta Timur itu.

Hingga pukul 11.30 wib, antrean panjang warga yang akan membeli kebutuhan pokok di Tiptop masih terjadi. Petugas keamanan tampak sibuk mengatur antrean kendaraan yang akan masuk supermarket itu.