Mulai Beroperasi, GOR Ciracas Tampung 33 PMKS

Sumber :

VIVA – Sejak dialihfungsikan menjadi tempat penampungan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), GOR Ciracas saat ini sudah menampung 33 orang PMKS. Keseluruhan PMKS ini terjaring razia yang dilakukan oleh Satpol PP sejak kemarin. 

Seluruh PMKS yang terjaring razia Satpol PP untuk sementara waktu akan ditampung di GOR Ciracas Jakarta Timur. Untuk jumlah PMKS yang terjaring razia Satpol PP hari ini masih belum terhitung lantaran masih banyak lokasi-lokasi di wilayah Jakarta Timur yang menggelar razia PMKS.

"Pada tanggal 27 yang ke GOR Ciracas sebanyak 33 orang, 9 orang sudah dipulangkan," ujar Anang, Petugas Kesejahteraan Sosial, Suku Dinas Sosial Jakarta Timur, Selasa 27 April 2020.

Para PMKS yang terdiri dari pengemis, pengamen, parkir liar atau pak ogah, kuli sindang dan pemulung,  selain diberikan tempat hunian sementara, juga diberikan makanan oleh Suku Dinas Sosial Jakarta Timur. 

Para PMKS diberi makan sebanyak 2 kali, yaitu saat sahur dan saat berbuka puasa. Selain itu PMKS yang ada di GOR Ciracas juga dilakukan pemeriksaan kesehatan.

"Makan pasti dari Sudin sosial pasti dua kali pas mau buka ama sahur. Mereka juga di cek dulu kesehatannya oleh puskesmas, sebelum ditindaklanjuti. Apakah dibawa ke panti sosial atau bagaimana. Kalau panti sosial mau menerima pasti sudah bebas dari Covid-19 dulu," ujarnya.

Bagi pihak keluarga yang ingin mengurus kepulangan PMKS yang ada di GOR Ciracas, terlebih dahulu harus membuat surat pernyataan agar kejadian yang sama tidak terulang lagi.