Alasan Sakit, Hadi Pranoto Mangkir Pemeriksaan Polisi

Praktisi obat herbal, Hadi Pranoto
Sumber :
  • VIVA/Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Hadi Pranoto telah mengonfirmasi ketidakhadirannya kepada polisi untuk diperiksa hari ini, Kamis, 13 Agustus 2020. Sedianya hari ini Hadi akan diperiksa terkait kasus dugaan penyebaran berita bohong alias hoax dari konten YouTube musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji.

"(Hadi Pranoto) Tidak bisa hadir," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus kepada wartawan, Kamis, 13 Agustus 2020.

Baca juga: Soal Herbal Hadi Pranoto, Peneliti: Belum Ada Obat Corona

Berdasarkan jadwal, Hadi akan diperiksa sekira pukul 10.00 WIB. Dia akan dimintai keterangan sebagai saksi terlapor atas laporan yang dibuat oleh Ketua Umum Cyber Indonesia, Muannas Alaidid. Namun, kepada polisi, Hadi mengaku tidak bisa hadir lantaran sakit. Kepastian ini disampaikan oleh Hadi lewat pengacaranya.

"(Tidak hadir) Dengan alasan sakit," katanya.

Anji dilaporkan oleh Muannas Alaidid ke Polda Metro Jaya, Senin, 3 Agustus 2020. Hadi Pranoto, yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi dan diwawancarai Anji melalui kanal YouTube-nya @duniamanji, juga dilaporkan.

Pasal yang diduga dilanggar berkaitan dengan tindak pidana bidang ITE atau menyebarkan berita bohong.

"Kami datang untuk melapor ke kepolisian di SPKT Polda Metro Jaya berkaitan dengan dugaan tindak pidana menyebarkan berita bohong oleh akun channel YouTube milik Anji," kata Muannas beberapa waktu lalu. (ase)