Klaster Industri, 22 Karyawan Bridgestone di Bekasi Positif COVID-19

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi
Sumber :
  • VIVA/Dani

VIVA – Sebanyak 22 karyawan PT Bridgestone Tire Indonesia yang terletak di Jalan Raya Kaliabang, Harapan Jaya, Bekasi Utara, Kota Bekasi positif virus corona. Dari sebanyak itu, delapan karyawan sudah dinyatakan sembuh.

"Iya benar, setelah di tes swab ada 22 karyawan yang positif. Delapan orang yang dirawat di rumah sakit sudah mau selesai isolasi dan sudah mau masuk kerja," kata Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, pada Selasa 1 September 2020.

Rahmat mengaku, temuan penyebaran itu baru diketahui saat perusahaan melakukan screening massal. Menurut dia, baru pihak Bridgestone yang sudah melaporkan secara rinci soal temuan kasus positif COVID-19.

Baca juga: Heboh Ada Pulau di Sulawesi Tenggara Dijual Rp8,8 Miliar

"Baru dari PT Bridgestone yang sudah melaporkan. Penularan ada yang dari kabupaten dan ada juga yang dari warga di sini (Kota Bekasi). Tapi kalau warga kita sudah ditangani tentu tidak ada masalah," kata Rahmat.

Meski begitu, Rahmat mengaku tak keberatan perusahaan itu tidak menutup pabriknya. Asalkan, perusahaan itu harus sering melakukan tracing ke orang-orang yang pernah kontak langsung dengan pasien COVID-19.

"Karena selama ini mereka lebih ketat daripada kita. Tapi kan keluarganya yang di rumah sering keluar pergi rumah akhirnya terpapar. Nah kita akan memutus mata rantainya, kita rem, yang penting rapid test," ujarnya.

Seperti yang diketahui, berdasarkan data corona.bekasikota.go.id per 1 Oktober 2020 secara akumulatif jumlah orang terkonfirmasi positif mencapai 976 orang. Untuk yang sembuh mencapai 879 orang. Dan untuk yang meninggal mencapai 54 orang, serta yang masih dirawat mencapai 43 orang. (ren)