160 Warga di Perumahan Zona Merah Divaksinasi, Petugas Imbau Prokes 5M

Vaksinasi di Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jabar.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Muhammad AR (Bogor)

VIVA – Sebanyak 160 warga yang tinggal di wilayah zona merah di RW 09 Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat menjalani vaksinasi COVID-19. Lantaran banyak yang terpapar COVID-19, warga diminta mematuhi protokol kesehatan (prokes) 5 M.

"Kami melaksanakan vaksinasi dengan target area terbatas khususnya di sini Tanah Baru,” kata Wakil Satgas Penanganan COVID-19 Kota Bogor, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro, Sabtu, 17 Juli 2021.

Dia menambahkan, “Karena berdasarkan hasil evaluasi dari Satgas COVID-19 posko Polresta menunjukkan sebagai salah satu yang tinggi angkanya atau zona merah sehingga bersama Satgas COVID RW, kami melaksanakan vaksinasi untuk menekan penyebaran di sini tidak cepat dan tingkat kesembuhannya lebih baik.”

Susatyo menjelaskan, vaksinasi ini merupakan program vaksinasi keliling areal terbatas bakti kesehatan Bhayangkara untuk negeri. Selain vaksin, petugas juga memnyalurkan sembako dan obat-obatan bagi warga yang sedang isolasi mandiri. "Untuk meringankan warga selama masa observasi dan isolasi mandiri," ujarnya.

Petugas di lokasi, dokter Lulu Kamal menjelaskan, penyebaran COVID-19 di lokasi zona merah ini sudah tercatat 26 orang positif dalam 7 RT. Sebanyak 12 orang di antaranya isoman dan 1 menjalani perawatan di RSUD Kota Bogor. 

Lulu mengatakan, dalam vaksinasi ini sebanyak 165 warga menjalani vaksinasi. Namun 5 orang di antaranya tidak dapat divaksin karena faktor kesehatan memiliki darah tinggi dan ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Akut).

Dalam vaksinasi ini, Lulu bersama Satgas tingkat RW berpatroli untuk mengingatkan agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan 5M, dari mulai Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak, Menghindari kerumunan, dan Membatasi mobilitas dan interaksi.

"Terutama menjaga ketat protokol kesehatan dan tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak sebab kondisi di lingkungan ini sudah zona merah," katanya.


#pakaimasker
#jagajarakhindarikerumunan
#cucitanganpakaisabun
#ingatpesanibu
#satgascovid19