Monas Kusam, Pembersihan Tunggu Tahun Depan karena Tak Ada Anggaran

Pembersihan Tugu Monas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA Metro – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa saat ini anggaran untuk pembersihan Tugu Monumen Nasional (Monas) belum tersedia. Untuk itu, ia mengatakan proses pembersihan Tugu Monas yang dianggap kusam akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang, menunggu Pemprov DKI menyusun anggaran tersebut.

"Adanya anggaran dibuat terlebih dahulu perencanaannya dan tahapan yang akan dilakukan," kata Riza Patria kepada wartawan di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Rabu, 14 Juli 2022.

Riza menambahkan untuk pembersihan Tugu Monas tidak bisa dilakukan langsung begitu saja. Menurut dia, semuanya ada proses dan tahapan yang harus dilalui untuk mengurangi risiko yang ada.

"Kalau tidak, nanti ada masalah baru. Makanya dibutuhkan perencanaan yang matang untuk alokasi anggaran pembersihan Tugu Monas," lanjut dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, Pengelola Kawasan Monas mengungkapkan bahwa pembersihan Monas dilakukan setiap hari. Namun, untuk pembersihan di bagian luar seperti dindingnya belum dilakukan dikarenakan belum ada anggaran untuk pembersihan itu.

"Yang jelas kesimpulannya begini, menurut pimpinan itu sudah masuk dalam rapat pimpinan. Itu artinya, dilihat dari usia Monas sendiri memang itu suatu keniscahyaan, pasti," kata Humas Unit Pengelola Kawasan Monas, Nursamin, Kamis, 7 Juli 2022 lalu.

"Hanya tahun depan baru dianggarkan. Bukannya kita mengabaikan," sambungnya