Inspeksi Pengamanan Malam Natal, Kapolda Metro Jaya Bilang "Tak Ada Gangguan Sekecil Apapun"

Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran, Sabtu, 24 Desember 2022, mengecek pengamanan jelang perayaan malam misa Natal di sejumlah gereja kawasan Kota Tangerang, Banten.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA Metro – Kepala Polda Metro Jaya Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengecek pengamanan jelang perayaan malam misa Natal di sejumlah gereja kawasan Kota Tangerang, Banten, salah satunya Gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kota Tangerang.

Dalam pengecekan itu, Fadil menyebutkan, seluruh pengamanan telah terbagi dengan baik, dan diharapkan dapat terus diterapkan agar perayaan malam Natal dan Natal berjalan dengan kondusif.

"Pada kesempatan ini, tadi cek jumlah personel, alur masuk dan keluar, jadwal misa, termasuk situasi dalam gereja HKBP. Dan seluruh personel pengamanan, panitia pelaksana maupun pihak gereja dapat bersinergi guna mewujudkan kamtibmas aman, damai dan tertib di Kota Tangerang," katanya, Sabtu, 24 Desember 2022.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama sejumlah pejabat terkait setempat, Sabtu, 24 Desember 2022, mendatangi beberapa gereja di Jakarta untuk menyapa umat kristiani yang akan merayakan ibadah malam Misa Natal.

Photo :
  • VIVA/Riyan Rizki Roshali

Polri sudah berkomitmen untuk melakukan pengamanan secara maksimal dalam menghadapi perayaan Natal 2022. "Kita amankan secara maksimal dan memastikan tidak ada gangguan sekecil apapun di wilayah hukum Polda Metro Jaya,” ujarnya.

Polres Metro Tangerang Kota juga menyebar 1.338 personel gabungan yang dibagi menjadi empat ring, yaitu ring 1 tempat ibadah, ring 2 halaman dan pagar, lalu ring 3 di luar lokasi pagar, dan ring 4 untuk masyarakat atau di luar yang tidak melaksanakan ibadah.

"Pengamanan dibagi empat agar berjalan maksimal. Dan ada juga anggota yang kita terjunkan untuk patroli jalan kaki," kata Kepala Polres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho.

Ilustrasi pengamanan Natal.

Photo :
  • ANTARA Foto/Sigid Kurniawan

Untuk di wilayah hukum Polres Metro Tangerang Kota, sebanyak 245 gereja dengan 12 gereja yang menjadi prioritas berdasarkan hitungan kerawanan, di antaranya gereja yang berlokasi di pinggir jalan atau jumlah jemaat di atas 500.

Dia berharap situasi kondusif tetap terjaga di Kota Tangerang dan mengingatkan semua pihak untuk senantiasa bekerja sama agar masyarakat aman dan nyaman selama beribadah.