DKI Setuju Ada Kampus IKJ di Kota Tua

sorot kota - Musium Fatahillah di kawasan Kota Tua Jakarta tahun 2008
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews – Rencana pembangunan kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ) di kawasan Kota Tua, Jakarta, direstui pemerintah. Gedung kampus rencananya menggunakan bekas aset PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo).

“Untuk pembelian gedung diharapkan rampung tahun ini, kemudian dilanjutkan renovasi pada 2011, sehingga 2012, kegiatan kampus bisa dimulai,” kata Rektor IKJ, Wagiono Sunarto, di Balaikota Jakarta, Kamis 15 Juli 2010.

Kampus tambahan ini rencananya untuk program studi extension, program studi paska sarjana strata dua dan tiga serta program pendidikan internasional.

Sedangkan gedung kampus yang lama di kompleks Taman Ismail Marzuki (TIM) tetap dilestarikan pemerintah untuk perkuliahan, khususnya strata satu.

Wagiono memaparkan tujuan pembangunan kampus IKJ di Kota Tua. Salah satunya, untuk mendukung upaya pemerintah Jakarta meningkatkan daya tarik Kota Tua sebagai tempat wisata, seni, dan budaya kelas dunia.

“Nanti, mahasiswa IKJ diharapkan mengadakan berbagai aktivitas pendidikan seni dan berbagai ajang kreatifitas di sana. Karena itu, akan ada gedung baru untuk itu,” kata Wagiono.

Gedung baru IKJ ini, nanti juga didesain untuk berbagai pementasan karya seni, berskala nasional maupun internasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta, Arie Budhiman, menambahkan untuk melancarkan rencana pembangunan gedung IKJ, Deputi Gubernur Bidang Pariwisata dan Kebudayaan secepatnya akan mengurus proses pembebasan dan pembelian  gedung Jasindo. (adi)