Lagi, Aktivis Bendera Bakar Bendera Malaysia

Demo anti Malaysia
Sumber :
  • AP Photo/Irwin Fedriansyah

VIVAnews - Puluhan aktivis Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) menggelar aksi bakar bendera Malaysia menanggapi pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, di Mabes Cilangkap, Jakarta Timur.

Massa yang tidak puas dengan pidato presiden langsung menggelar aksi di depan Posko Bendera di Jalan Diponegoro 58, Menteng, Jakarta Pusat. Massa aksi membakar bendera Malaysia sekitar pukul 22.00 WIB, Rabu 1 September 2010.

Aksi yang dilakukan massa Bendera, segera direspon cepat petugas kepolisian dari Polres Jakarta Pusat. Petugas menyiram air ke bendera Malaysia yang dibakar massa.

Hal ini kemudian memicu terjadinya aksi saling dorong antara demonstran dengan petugas. "Kami tidak puas, presiden SBY tidak tegas untuk menyelesaikan persoalan ini," ujar seorang demonstran bernama Ferdy Semaun.

Saat ini, situasi di Jalan Diponegero 58 mulai sepi, sejumlah pengunjuk rasa mulai membubarkan diri. Namun demikian, petugas dari Polres Jakarta Pusat masih terlihat melukan penjagaan di sekitar Stasuin Cikini.

Sebelumnya, dalam pidato menyikap keteganagan yang terjadi antara Indonesia dan Malaysia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta masyarakat untuk tidak melaukan tindakan yang berlebihan, seperti aksi-aksi kekerasan, karena hanya akan menambah masalah yang ada.