Mudik, Polisi Tidak Sediakan Kuburan Massal

Ilustrasi/Arus kendaraan di Jalur Pantura
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Mabes Polri menegaskan tidak menyidakan kuburan massal bagi korban jiwa pada kecelakaan saat pelaksanaan mudik Lebaran 2011 ini. Penanganan dan tindakan akan dilakukan secara maksimal sampai korban diterima pihak keluarga.

Kepala Posko Operasi Ketupat Korlantas Polri, Ajun Komisaris Besar Prigadi mengatakan, bila terjadi kecelakaan yang menyebabkan korban jiwa, polisi akan menelusuri alamat korban dan langsung memberi tahu pihak keluarga.

"Tidak perlu ada kuburan massal. Kita akan telusuri alamat korban dan sampaikan kepada keluarganya," ujar Prigadi kepada VIVAnews.com, Kamis, 25 Agustus 2011.

Bila penanganan korban kecelakaan sudah dilakukan sampai di rumah sakit, pengaturan pemulangan jenazah nantinya diserahkan kepada Jasa Raharja.

Berdasarkan pantauan di posko utama mudik National Traffic Management Center (NTMC) Mabes Polri, hingga malam tadi, belum terjadi peningkatan yang berarti pada kawasan yang dilewati pemudik. Volume kendaraan terlihat tinggi pada malam hari, dan pergerakan lalulintas masih didominasi oleh kendaraan roda dua.

"Belum ada peningkatan signifikan, mungkin besok mulai ramai kendaraan besar. Tapi pada malam hari pemudik motor memang sudah terlihat, meski tidak bergerombol dalam jumlah banyak," katanya.

Sementara kemacetan juga masih belum terjadi. Hambatan berada pada titik yang memang sudah biasa, seperti pasar dan persimpangan jalan. (eh)