FOTO: Langit Gelap Menyelimuti Kota Jakarta

Awan Gelap Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Awan gelap menyelimuti langit  Jakarta sebelum hujan deras mengguyur, Jumat 6 Januari 2012 siang tadi.

Lihat foto-fotonya di tautan ini.

BMKG memperkirakan bahwa semenjak Januari hingga Februari 2012, DKI Jakarta, Tangerang dan Bekasi berpotensi disirami hujan di atas rata-rata normal.

"Curah hujan bisa tinggi atau rendah. Sifat hujan juga tidak menentu, bisa terjadi kapan saja. Kami memprediksi Januari dan Februari sebagai puncak musim hujan," ujar Kepala Subbidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto kepada VIVAnews.com, Jumat 6 Januari 2012.

Kukuh menegaskan bahwa potensi curah hujan di Jakarta selama Januari diprediksi tinggi, yakni di atas 400-500 mm. Potensi curah hujan yang lebih tinggi akan terjadi di wilayah selatan dan barat Jakarta, serta Bogor dan Tangerang.  Hujan tinggi itu berpotensi turun pagi, sore hingga dini hari.

Pemerintah DKI telah bersiap menghadapi ancaman banjir itu. Pemerintah juga sudah memastikan bahwa ada 62 lokasi yang berpotensi banjir saat puncak musim hujan tahun ini.

Banjir sedang berpotensi melanda kawasan Jakarta Barat, seperti  Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk, dan Taman Sari.

Sementara di Jakarta Pusat, banjir akan melanda kawasan Cempaka Putih, Gambir, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, Tanah Abang. Di Jakarta Selatan, pontensi banjir ada di daerah Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Tebet, dan Pesanggrahan.

Pontensi banjir sedang juga melanda kawasan Jakarta Timur, seperti Cakung, Cipayung, Ciracas, Jatinegara, Kramat Jati, Makasar, Pulo Gadung. Kemudian di Jakarta Utara akan melanda Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, Tanjung Priok. Kemudian potensi banjir rendah ada di kawasan Cengkareng, Kalideres, dan Penjaringan.