Tanggul Kali Bekasi Jebol, Perumahan di Jati Asih Banjir 5 Meter

Perumahan Pondok Gede kebanjiran
Sumber :

VIVAnews- Banjir setinggi hingga 5 meter mengepung perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, Jumat 18 Januari 2013.

Akibat tingginya air, sebagian rumah warga terendam hampir setinggi atap. Banjir di perumahan itu terjadi akibat tanggul Kali Bekasi sepanjang 12 meter jebol, karena tidak mampu menahan tingginya debit air kiriman dari Kali Cikeas di Kabupaten Bogor.

Menurut warga, jebolnya tanggul terjadi sekitar pukul 07.00 WIB.Hanya berselang sekitar 30 menit usai tanggul jebol, air langsung menggenangi rumah-rumah warga.

“Kejadiannya tiba-tiba, sehingga warga banyak yang belum sempat menyelamatkan harta benda,” ujar Marsusi, 40, salah satu warga korban banjir.

Perumahan PGP Jatiasih, dihuni sekitar 1.200 Kepala Keluarga. Dari tiga rukun warga (RW) di perumahan itu tidak ada satupun rumah yang selamat dari musibah banjir. “Warga ada yang masih bertahan di lantai atas, sambil menunggu evakuasi dari tim SAR,” Marsusi menambahkan.

Proses evakuasi warga yang terjebak banjir menggunakan tiga perahu karet. Hingga sore ini, evakuai masih dilakukan oleh tim gabungan dari SAR, TNI dan Pemkot Bekasi. Para korban banjir sendiri menyesalkan lambannya proses evakuasi dari petugas, sehingga banyak warga terjebak di dalam rumah.

Korban yang terjebak banjir sempat bertahan di lantai dua, dan sebagian lagi di atas atap rumah sambil menunggu proses evakuasi. Akibat minimnya peralatan, ada beberapa bayi yang di evakuasi menggunakan ember.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kota Bekasi, Agus Dharma mengatakan, pihaknya terus berusaha untuk menyelamatkan warga.

“Kejadian ini sudah dilaporkan ke petugas posko bencana. Pemkot Bekasi akan membuka dapur umum di lokasi pengungsian,” katanya, sambil menambahkan jika dua tenda sudah didirikan untuk menampung para korban banjir. (adi)