Jokowi Ingin Bangun Kafe di Bantaran Kali Ciliwung

Jokowi Kunjungi Bukit Duri
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menggandeng instansi militer seperti Kopassus, Marinir, Kodam dan Kostrad untuk menangani masalah kebersihan sungai di Jakarta.

Menurut Jokowi, Pemprov DKI ingin menghijaukan semua sungai yang ada di Ibukota. Kali Ciliwung yang setiap minggunya sudah dibersihkan secara rutin oleh prajurit Kopassus akan dijadikan percontohan. Setelah dihijaukan, Jokowi berharap sungai-sungai itu bisa dijadikan lokasi wisata.   

"Masalah penghijauan terutama adalah soal sampah di pinggir sungai. Tadi waktu kami naik perahu karet kanan kiri Ciliwung itu begitu hijaunya. Ke depan nanti Jakarta harus hijau dan sungai bisa dijadikan tempat wisata," ujar Jokowi di Markas Kopassus Cijantung, Jakarta Timur, Jumat, 5 April 2013.

Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus Mayor Jenderal TNI Agus Sutomo mengatakan instansinya siap membantu Dinas Kebersihan Pemprov DKI untuk turut serta menghijaukan bantaran sungai di Jakarta.

Agus menuturkan permintaan Jokowi untuk membantu membersihkan sungai memang sudah lama disampaikan. Kata dia, Jokowi memberikan usulan agar kantin atau kafe bisa dibangun di sekitar sungai layaknya rest area di jalan tol.

"Sesuai usul Pak Jokowi sepanjang sungai akan dibangun seperti di jalan tol ada rest area, ada kafe, kantin-kantin. Tapi itu nanti kalau di situ sudah hijau," kata Agus.

Agus yakin di bawah kepemimpinan Jokowi, Sungai Ciliwung bisa bersih seperti layaknya Sungai Hang di Kota Seoul, Korea Selatan. "Ke depan, di bawah kepemimpinan Pak Jokowi, Sungai Ciliwung ini sudah seperti Sungai Hang yang membelah Kota Seoul," ucapnya, optimistis. (kd)