Dua Arah Jalan Ngurah Rai Ditutup

Aksi warga memblokir Jalan Ngurah Rai Jakarta Timur
Sumber :
  • TMC Polda Metro Jaya
VIVAnews - Eksekusi lahan di Jalan Buaran I Rt 008/012, Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, berimbas pengalihan pada lalu lintas. Itu karena Jalan Raya Jalan I Gusti Ngurah Rai ditutup sepanjang tiga kilometer, Rabu, 9 Oktober 2013. Penutupan jalan sudah dimulai 03.30 WIB.

Ratusan personel berseragam biru, cokelat, dan hijau pun dikerahkan untuk mengeksekusi lahan milik PT Graha Cipta Kharisma itu. Karena menolak dieksekusi, warga pun melakukan aksi bakar ban, di sepanjang Jalan I Gusti Ngurah Rai. Bukan hanya itu, warga juga membakar Halte Bus Transjakarta Buaran yang berada persis di depan lokasi eksekusi.

Terkait hal tersebut, menyoal pengalihan jalan, Kepala Seksi Pengendalian dan Operasional Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Budi Subiantoro, mengatakan, peralihan arus terjadi di sepanjang jalan I Gusti Ngurah Rai, dari arah Timur menunju Barat, pun sebaliknya.


"Mereka yang dari arah Cakung menuju Jatinegara dialihkan ke Banjir Kanal Timur (BKT) atau Jalan Duren Sawit. Kami juga telah menurunkan 35 anggota untuk mengatasi pengalihan arus," kata Budi.


Ini bukan kali pertama aksi penolakan warga Klender dilakukan. Pada Sabtu 18 Mei 2013, mereka juga sempat menolak penggusuran dengan menggembosi ban tiga bus TransJakarta. Alhasil, kekesalan mereka pun mengganggu arus lalu lintas.