Penampilan Publik Raja Charles Usai Divonis Kanker, Kembali Jalani Tugas Kerajaan

Raja Charles III tampil di publik usai sejak didiagnosis menderita kanker
Sumber :
  • AP Photo/Alberto Pezzali, File

LondonRaja Charles III dari Inggris, pada Selasa, 30 April 2024, tampil di depan publik untuk pertama kalinya sejak didiagnosis menderita kanker.

Pertama di Dunia, Ilmuwan Jepang Ujicoba Obat Penumbuh Gigi Orang Dewasa

Kepala negara Inggris dan istrinya, Ratu Camilla, diperkirakan akan mengunjungi fasilitas pengobatan kanker untuk bertemu dengan spesialis medis dan pasien.

Sementara itu, Charles, menangguhkan tugas-tugas publik pada Februari lalu, setelah kanker ditemukan, saat dia dirawat karena pembesaran prostat pada bulan sebelumnya.

Dinyatakan Sehat Usai Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin Merasa Diberi Kesempatan

Melansir dari NDTV, sifat pasti dari kanker yang diderita Raja Charles belum diungkapkan.

Penampilan Raja Charles pertama kali sejak didiagnosis kanker

Photo :
  • Sky News
Sempat Divonis Kanker Sarkoma, Alice Norin Bersyukur Tentang Kondisi Terkini

Menantu perempuannya Catherine atau Kate, Princess of Wales, juga menjalani operasi perut pada Januari dan mengatakan pada Maret lalu bahwa dia menerima kemoterapi.

Meski demikian, tidak ada rincian yang diberikan tentang jenis kanker apa yang dideritanya. Kate, menikah dengan putra sulung Charles dan sekaligus pewaris pertama kerajaan, Pangeran William.

Acara pada hari Selasa ini, merupakan yang pertama dari sejumlah pertemuan yang direncanakan Charles dalam beberapa minggu mendatang.

Kunjungan ini juga dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya diagnosis kanker dini dan menyoroti penelitian inovatif.

Sebagai informasi, Raja Charles adalah pelindung Cancer Research UK dan Macmillan Cancer Support, sedangkan ratu adalah presiden Maggie's, badan amal dukungan kanker lainnya.

Charles yang menggantikan ibunya Ratu Elizabeth II pada September 2022, resmi dinobatkan sebagai raja pada 6 Mei tahun lalu.

Dia terlihat menghadiri kebaktian gereja sejak diagnosisnya dan pada audiensi tertentu. Dia juga melanjutkan urusan resmi negaranya.

Pada hari Jumat, Istana Buckingham mengatakan para dokter sangat bersemangat dengan kemajuan pengobatan Charles dan positif tentang kelanjutan kesembuhannya.

"Perawatannya sebagai pasien rawat jalan akan terus berlanjut namun jadwalnya dalam beberapa minggu mendatang akan dikurangi dan bergantung pada saran medis," kata juru bicara Kerajaan Inggris.

Salah satu acara yang akan datang adalah kunjungan kenegaraan Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dari Jepang pada bulan Juni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya