Dukung Aksi Jahat Israel, Inggris Lancarkan Ratusan Misi Mata-mata di Gaza

VIVA Militer: Armada jet tempur F-35 Angkatan Udara Kerajaan Inggris
Sumber :
  • middleastmonitor.com

VIVA – Setelah menolak penghentian pengiriman senjata ke Israel, Inggris mengakui telah menjalankan misi intelijen di Gaza. Sebuah media membocorkan data operasi mata-mata, yang ternyata dilancarkan militer Inggris.

AHY Serukan "Tolong Terus Perjuangkan Status Palestina" kepada Diplomat Senior di PBB

VIVA Militer melaporkan dalam berita sebelumnya, Inggris memastikan tidak akan menghentikan pasokan senjatanya ke Tel Aviv.

Padahal di sisi lain, Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu utama Inggris dan Israel telah memblok suplai senjatanya.

Kapal Perang hingga Rantis Lapis Baja TNI Dikerahkan untuk Pengamanan Tamu Negara KTT WWF Bali

Sikap tersebut dikonfirmasi oleh Menteri Luar Negeri Inggris, David Cameron, dalam wawancara dengan BBC, Minggu 12 Mei 2024.

VIVA Militer: David Cameron dan Benjamin Netanyahu

Photo :
  • theguardian.com
Zalim, Inggris Bersikeras Takkan Setop Suplai Senjata ke Israel

Dalam pernyataannya, Cameron menyebut jika jumlah kiriman senjata ke Israel hanya sebesar 1 persen. Dengan kuantitas itu, Cameron mengklaim jika Inggris tidak akan mempengaruhi tindakan militer Israel di Jalur Gaza.

Cameron juga mengatakan, alasan Inggris terus memasok senjata untuk tentara Israel adalah menghambat bertambahnya kekuatan pasukan Hamas Palestina.

Politisi Partai Konservatif juga menegaskan, terdapat perbedaan dasar antara sikap negaranya dengan Amerika terkait kesepakatan bantuan senjata.

Dalih Inggris yang diucapkan Cameron ternyata terkuak. Dukungan Inggris tak cuma masalah suplai senjata, tetapi juga misi intelijen yang sudah dilakukan ratusan kali.

VIVA Militer: Pasukan Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF)

Photo :
  • raf.mod.uk

Menurut laporan yang dilansir VIVA Militer dari media politik dan intelijen Inggris, Decclasified UK, Angkatan Udara Inggris (RAF) telah melancarkan operasi mata-mata sejak Desember 2023 lalu.

Declassified UK menngungkap, militer Inggris memiliki merekam 1.000 jam aktivitas tentara Israel di Gaza. Tak terkecuali saat pasukan zionis membunuh tiga orang sukarelawan Inggris.

"Pesawat mata-mata Inggris telah merekam hingga 1.000 jam rekaman di Gaza, termasuk hari ketika Israel membunuh tiga pekerja bantuan Inggris," bunyi laporan Declassified UK.

Bulan Maret 2024 lalu menjadi waktu terbanyak militer Inggris melakukan misi mata-mata di Jalur Gaza. Total Angkatan Udara Inggris menggelar sekitar 44 misi mata-mata.

VIVA Militer: Tank Israel di Koridor perbatasan Gaza-Mesir

Photo :
  • middleastmonitor.com

Pesawat mata-mata tersebut lepas landas dari Pangkalan Angkatan Udara Inggris Akrotir di Pulau Mediterania Siprus. Setiap pesawat mata-mata melakukan misi pengintaian selama enam jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya