Kapal Perang hingga Rantis Lapis Baja TNI Dikerahkan untuk Pengamanan Tamu Negara KTT WWF Bali

VIVA Militer: Puluhan Rantis dan Motor Kawal Listrik TNI siap amankan KTT WWF
Sumber :
  • Puspen TNI

Bali – Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) telah mengerahkan puluhan alutsista untuk mengamankan kedatangan para tamu negara yang akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (KTT WWF) ke-10 yang akan diselenggarakan pada tanggal 14-24 Mei 2024 di Bali mendatang.

Penilaian 236 Lahan Warga Dimulai, Santunan Tanah UIII Segera Cair

Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar mengatakan, selain kendaraan lapis baja atau Rantis TNI, pihaknya juga mengirim puluhan kendaraan roda dua atau motor kawal bertenaga listrik ke Bali.

Puluhan alutsista TNI itu dikirim dengan menggunakan empat kapal perang TNI AL dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara pada hari Sabtu, 11 Mei 2024 lalu.

Promosikan Wisata saat WWF ke-10, Putu DPR: Bali Punya Penghormatan yang Tinggi Terhadap Air

Empat kapal perang atau KRI milik TNI AL yang dikerahkan untuk membawa puluhan alutsista TNI itu adalah KRI Banjarmasin-592, KRI Makassar-590, KRI Banda Aceh-593 dan KRI Teluk Bintuni-520. Keempat KRI milik TNI AL itu dijadwalkan akan tiba di Pelabuhan Tanjung Benoa Bali pada tanggal 14 Mei 2024.

VIVA Militer: Kapal perang TNI AL turut amankan perairan Selat Bali

Photo :
  • Puspen TNI
Menu Welcoming Dinner untuk Kepala Negara dan Delegasi World Water Forum ke-10 di Bali

Kapuspen TNI yang juga menjabat Komandan Satgas Penerangan Kogabpadpam VVIP KTT World Water Forum Mayjen TNI Nugraha Gumilar lebih jauh menjelaskan, selain prajurit, motor kawal listrik, dan Rantis lapis baja, TNI juga telah mempersiapkan sejumlah pesawat milik TNI AU untuk persiapan evakuasi jika terjadi bencana alam atau erupsi gunung di sekitar lokasi digelarnya forum internasional KTT WWF ke-10 di Bali. 

"Alutsista yang ada seperti pesawat untuk persiapan kalau ada evakuasi ada bencana alam atau erupsi gunung. Pengamanan di laut juga kita siapkan kapal-kapal kita kerahkan. KRI-KRI dikerahkan di Selat Bali dan Selat Lombok," ujar Kapuspen TNI.

Adapun jenis Rantis yang telah diangkut dengan menggunakan empat KRI milik TNI AL tersebut diantaranya adalah, Ransus CBRNE Sprinter 516, Ransus Lidik Kizi Nubika, Ran Elf (satwa), Ranpur Anoa, Ransus Jihandak Ivader+Bom Trailer, Motor listrik (POM), Motor listrik (Matan), Mobil listrik (POM), Sea Rider dan truk penarik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya