Modifikasi Cuaca, Cara Ampuh Cegah Banjir di Jakarta

Alat Untuk Modifikasi Cuaca di Bandara Halim Perdanakusuma
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Badan Perencanaan dan Penerapan Teknologi (BPPT) menyarakan Pemda DKI segera melakukan redistribusi curah hujan. Ini diperlukan untuk mengantisipasi datangnya banjir akibat curah hujan yang tinggi.

Berdasarkan pemodelan cuaca yang dilakukan oleh tim BPPT, diprediksi hujan masih akan terjadi beberapa hari kedepan di wilayah DKI Jakarta.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebaiknya menggunakan teknologi modifikasi cuaca untuk redistribusi curah hujan guna mengurangi debit air yang memasuki wilayah DKI Jakarta," kata pakar Meteorologi Tropis di BPPT, Tri Handoko Seto.

Menurut Seto, modifikasi cuaca harus segera terlaksana agar mengurangi potensi banjir di Jakarta. BPPT mengusulkan sebaiknya segera dilakukan dalam beberapa hari ke depan.

Ia menambahkan, dalam kondisi permukaan yang sudah jenuh seperti sekarang ini, hujan yang tidak terlalu banyak juga berpotensi menimbulkan genangan.

Selain itu, bulan Februari masih termasuk puncak musim hujan. "Maka siaga darurat masih diperlukan agar semua elemen kemampuan di kementerian dan lembaga lain bisa membantu mengurangi resiko bencana banjir," kata Seto.

Dia mengungkapkan, sejak awal Januari 2015, BPPT sudah diminta oleh BNPB untuk menyiapkan hal-hal yang diperlukan untuk melaksanakan teknologi modifikasi cuaca (TMC). Permintaan itu sudah disipakan.

“Namun karena belum ada perintah resmi, maka TMC urung terlaksana,” kata Seto. (ren)

Baca juga: