Selama KAA, Polisi Disiagakan di 13 Gedung Tinggi

Keamanan Peyelenggaraan KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Irwandi Arsyad
VIVA.co.id - Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Hendro Pandowo mengatakan akan melakukan pengamanan terhadap seluruh kepala negara atau delegasi peserta konferensi Asia-Afrika yang ke-60 di Jakarta-Bandung, 19-24 April 2015 besok.

Dirinya mengatakan, pengamanan dilakukan setibanya para peserta KAA tersebut sampai di tanah air hingga kembali ke negara masing-masing.

"Sudah dilakukan pengamanan setiba mereka tiba di tanah air, mulai datang, ke hotel sampai ketempat acara mereka nanti di JCC dan juga di Bandung akan di kawal," ujar Pandowo, Senin 20 April 2015.

Lanjut dirinya mengatakan, berbagai persiapan pengamanan telah dilakukan dengan menempatkan personel di titik-titik tertentu seperti di jembatan penyeberangan maupun gedung-gedung tinggi.

Untuk jembatan penyeberangan mulai dari hotel Borobudur sampai dengan venue penyelenggaraan KAA, di Jakarta Convention Center (JCC) total ada sekitar 13 jembatan penyeberangan. Masing-masing tempat tersebut ditempatkan lima personel anggota kepolisian.

Pandowo juga menerangkan, untuk gedung tinggi dari hotel Borobudur menuju JCC juga, ada sekitar 13 gedung pencakar langit. Karenanya di setiap gedung tersebut pihaknya menempatkan satu regu keamanan, berjumlah sepuluh anggota.

"Tanggal 22-23 April 2015, akomodasi mereka ke JCC itu kita amankan, mulai berangkat sampai JCC, bahkan sampai mereka ke Bandung, balik ke Jakarta hingga pulang ke negara masing-masing," ujarnya, di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia.

Sementara itu, untuk pengamanan di JCC, di luar ring satu Istana Merdeka, kurang lebih total ada 1.500 personel TNI dan 400 petugas kepolisian yang berjaga-jaga untuk keamanan selama penyelenggaraan KAA ke-60 di Jakarta kali ini.