Lima Perumahan di Bekasi Timur Terendam Banjir 1 Meter

banjir di perumahan trias bekasi
Sumber :
  • VIVAnews/Alfin Tofler

VIVA.co.id – Lima perumahan di pemukiman penduduk di Kota Bekasi, terendam air setinggi 1 meter, pada Minggu 19 Februari 2017. Tingginya curah hujan menjadi penyebab air menggenangi rumah penduduk sejak pukul 12.00 siang.

“Kami sudah tidak bisa ke mana-mana, karena air sudah mengepung wilayah perumahan. Ketinggiannya sampai satu meter,” kata warga Perumahan Margahayu, Sutaryo, kepada VIVA.co.id, Minggu 19 Februari 2017.

Pria yang akrab disapa Taryo ini mengaku, air sudah mulai masuk ke pekarangan rumahnya. Ia mengatakan bahwa drainase yang ada, tidak berfungsi. 

“Air sudah masuk ke garasi saya sekarang,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Asep Haryanto, mengatakan, selain  Margahayu, ada empat titik banjir lainnya yang terjadi di Kota Bekasi. Di antaranya, Perumahan Dosen IKIP, Perumahan Pondok Ungu Permai, Perumahan Pondok Hijau, Perumahan Bekasi Timur Regency. 

Dia mengaku, penyebab banjir yang melanda permukiman penduduk disebabkan curah hujan yang tinggi. Ditambah lagi, saluran drainase yang ada di masing-masing perumahan sudah tidak layak. 

“Kalau soal saluran saya tidak berwenang menjelaskannya,” jelasnya.

Untuk mengantisipasi adanya korban, Asep sudah mengerahkan delapan unit perahu karet dan ratusan personel yang ada ke lokasi. 

Asep meminta kepada masyarakat, bagi yang terserang penyakit ketika rumahnya banjir untuk segera melapor ke petugas. 

“Selain membangun tenda, kita juga menyediakan logistik untuk keperluan korban banjir,” ujarnya. (one)