Warga Cina Korban Heli Jatuh Dipastikan Pekerja Legal

Helikopter jenis Chopper jatuh di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah
Sumber :
  • Dok. BNPB

VIVA – Polisi memastikan, sembilan orang menjadi korban helikopter jatuh di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Jumat pagi, 20 April 2018.

Para korban, antara lain, satu orang tewas, dua luka serius, tiga luka ringan, dan tiga selamat tanpa luka sedikit pun. Korban meninggal dunia diidentifikasi bernama Aris Heni Irawan, berusia 23 tahun, warga Desa Lalampu, Bungku Selatan, Morowali.

Aris adalah karyawan divisi stoker PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), perusahaan pemilik helikopter nahas itu. Dia meninggal dunia akibat tertimpa baling-baling helikopter.

Korban yang luka serius ialah Rudi dan Deliati Hasiolan Gulo, masing-masing adalah kapten pilot dan kopilot. Sedangkan tiga yang mengalami luka ringan adalah warga asing penumpang heli, yang dikenali sebagai Xi Lai Wang (56 tahun), Yan Yun (32 tahun), dan Di Yi Fei (28 tahun).

Tiga warga asing lain penumpang helikopter itu dilaporkan tidak mengalami luka sedikit pun. Namun dikabarkan shock akibat kecelakaan yang mereka alami. Mereka, antara lain Guan Kejang, Zhao Yipu, dan Du Gui.

Menurut polisi, helikopter itu awalnya terbang dari landasan di kompleks perusahaan PT IMIP pada Jumat pagi. Helikopter akan mengantar pekerja asing itu menuju Kendari. Namun tak sampai lima menit terbang, helikopter berbalik ke landasan. Sayangnya sebelum mendarat, heli sudah jatuh.

"Tiba-tiba helikopter tersebut terjatuh dan menimpa seorang karyawan (Aris Heni Irawan) yang sedang melintas di depan pos dua yang hendak masuk kerja hingga menyebabkan meninggal dunia," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Sulawesi Tengah, Ajun Komisaris Besar Polisi Hery Muworno.

Pilot, kopilot, dan enam orang penumpang langsung dibawa ke poliklinik PT IMIP untuk mendapatkan perawatan. Tiga orang penumpang akhirnya dirujuk dan dibawa ke RSUD Morowali karena kondisi lukanya cukup serius.

Polisi pun telah memastikan bahwa keenam penumpang warga negara asing adalah karyawan resmi PT IMIP dan datang ke Indonesia secara legal. Penyebab kecelakaan itu masih dalam penyelidikan. (mus)