Kapal Angkut Turis Australia yang Hilang di Perairan Nias Ditemukan

budaya Lompat Batu dari Nias
Sumber :
  • Adinda Permatasari/VIVA.co.id

VIVA – Kapal Motor atau KM Jaya yang mengangkut 9 turis asal Australia dikabarkan sempat hilang kontak di perairan di Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Namun kapal tersebut sudah ditemukan kapal nelayan setempat dan seluruh penumpang serta awak kapal selamat semuanya.

Kepala Operasi Kantor SAR Medan, Agus Wibisono, mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan bahwa KM kayu 6 GT tersebut hilang kontak dan dikabarkan hilang perairan pulau Sarangbaung, Kabupaten Nias Utara, sejak Selasa sore, 21 Agustus 2018 sekitar pukul 15.30 WIB.

“Sudah ditemukan tadi malam, Rabu 22 Agustus 2018. Sudah aman mereka ditemukan nelayan. Mereka sudah dievakuasi, sudah diselamatkan. Sudah kita buat laporan ke pusat,” ucap Agus kepada wartawan di Medan, Sumut, Kamis 24 Agustus 2018.

Agus menjelaskan, kapal itu berlayar dari Desa Siefabanua, Tuhemberua Nias Utara, pada Selasa siang 21 Agustus 2018 sekitar pukul 11.00 WIB. Selain tiga awak warga negara Indonesia, di kapal itu dilaporkan terdapat 9 orang turis Australia. 

“POB (person on board) ada warga negara Australia ditambah orang kita,” jelas Agus.

Kapal pengangkut turis dilaporkan hilang dalam pelayaran menuju ke Ujunglolok, Kepulauan Banyak, Kabupaten Aceh Singkil, Aceh. Kabar terakhir kapal telah berada di perairan pulau Sarangbaung. 

“Ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 01.00 tadi malam (dini hari) dan semua penumpang selamat, sudah sampai di Pulau Banyak,” ujarnya.

Penyebab kapal sempat hilang kata Agus tak lain karena cuaca buruk sehingga komunikasi dengan KM Jaya tak berhasil. “Di sebagian lokasi sinyal juga tidak ada. Yang jelas cuaca buruk menyebabkan mereka lost contact. Namun sekarang semuanya sudah selamat,” tutur Agus.