Kronologi Tahanan Asal Prancis Kabur dari Penjara Polda NTB

WNA asal Prancis, Dorfin Felix yang melarikan diri dari Rutan Polda NTB
Sumber :

VIVA – Seorang tahanan narkoba asal Prancis, Dorfin Felix melarikan diri dari ruang tahanan Markas Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat. Pelaku melarikan diri, Senin dini hari, 21 Januari 2019. Dia kabur melalui sebuah jendela berukuran 70x70 sentimeter.

Kabid Humas Polda NTB, Komisaris Besar Polisi Komang Suartana membenarkan berita kaburnya tahanan tersebut. Dia mengatakan, petugas Polda NTB bersama jajaran Polres, tengah melakukan pengejaran.

"Memang benar. Upaya yang dilakukan Polda yang pertama sudah cek tahanan, menyebarkan seluruh jajaran untuk pengejaran," ujarnya, saat dikonfirmasi.

Komang mengatakan, pelaku kabur dengan cara memotong terali jendela lantai dua ruang tahanan. Kemudian, menggunakan kain turun ke bawah. "Lewat terali jendela dipotong, kemudian selimut dan gorden diikat, lalu dipasang untuk turun," ujarnya.

Polda juga telah berkoordinasi dengan Mabes Polri dan Polres maupun jajaran Polsek, untuk menutup akses keluar pelaku dari Lombok. "Sudah berkoordinasi dengan Mabes Polri. Rekan dari Polres dan Polsek perbatasan sudah kami koordinasi," katanya.

Polisi juga masih mendalami dari mana pelaku mendapatkan gergaji untuk memotong terali jendela. Saat ini, kasusnya dalam tahap penyerahan berkas ke kejaksaan untuk disidangkan.

Dorfin ditangkap Petugas Bea Cukai Kota Mataram pada pertengahan September 2018. Dia kedapatan membawa narkoba jenis sabu dan ekstasi saat pemeriksaan melalui x-ray. Pelaku kemudian diserahkan kepada Polda NTB. (asp)