Polisi Libatkan Tokoh Agama Ajak Istri Terduga Teroris Serahkan Diri

Kepala Divisi Humas Mabes Polri Inspektur Jenderal M. Iqbal
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA – Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Polisi M Iqbal menjelaskan, saat ini pihak aparat masih berusaha bernegosiasi dengan istri dan anak terduga teroris Abu Hamzah, yang masih berada di dalam rumah tersebut.

Bahkan, aparat juga telah mengikutsertakan tokoh agama setempat, untuk mengajak agar sang istri mau menyerahkan diri tanpa perlu ada perlawanan.

"Petugas bersama polres setempat minta bantu tokoh agama untuk mengimbau agar menyerahkan diri," kata Iqbal kepada wartawan, Selasa, 12 Maret 2019.

Mengenai bagaimana awalnya bisa terjadi ledakan yang melukai salah satu anggota polisi, Iqbal menjelaskan, semuanya bermula dari upaya aparat menggeledah rumah terduga teroris itu.

Namun, saat baru sampai halaman rumah, ledakan pun terjadi dan melukai salah seorang petugas polisi yang hendak menggeledah rumah tersebut.

"Petugas kami ingin melakukan penggeledahan. Pada saat berjalan di halaman, terjadi ledakan diduga bom yang melukai petugas. Satu petugas (terluka)," ujarnya.

Dengan kejadian ini, ratusan personel kepolisian melakukan pengamanan dengan menggunakan senjata lengkap, serta mengarahkan warga sekitar untuk menjauhi lokasi kejadian. 

Sebelumnya, ledakan terjadi di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuranbambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga, Sumatera Utara, Selasa, 12 Maret 2019, sekira pukul 14.30 WIB. Ledakan terjadi setelah petugas menangkap terduga teroris Abu Hamzah dan hendak membawa dia menuju kediamannya. (ase)